Beranda Kegiatan Satlantas Polres Trenggalek Gelar Polsanak, Tanamkan Disiplin Lalu Lintas kepada Anak Usia Dini

Satlantas Polres Trenggalek Gelar Polsanak, Tanamkan Disiplin Lalu Lintas kepada Anak Usia Dini

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Ratusan anak dari sejumlah TK (Taman Kanak-kanak) Dharma Wanita Trenggalek mengikuti program Polisi Sahabat Anak (Polsanak) yang digelar oleh Satlantas Polres Trenggalek, Kamis (8/12/2011).

Sambil bernyanyi lagu berjudul ‘Lihat Bapak Polisi’ para siswa nampak riang saat diajak berkeliling Mapolres Trenggalek.

Mereka melihat satu persatu ruang pelayanan dan satuan fungsi. Tak hanya itu, di masing-masing ruangan, mereka mendapatkan penjelasan tentang tugas pokok Kepolisian.

Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Yudiyono mengatakan pengenalan tertib lalu lintas sejak usia dini sangat penting.

Harapannya, anak-anak bisa menjadi generasi bangsa yang patuh dan taat terhadap peraturan lalu lintas.

Untuk itu lah Kepolisian secara rutin menggelar program Polsanak yang menyasar siswa-siswi Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Kabupaten Trenggalek.

“Indonesia di perkirakan akan mengalami masa emas di tahun 2045 dimana generasi muda saat ini yang masih duduk di bangku sekolah baik TK hingga sekolah menengah akan mendominasi,” kata Yudiyono

“Oleh sebab itu, harus disiapkan dengan baik. Termasuk diantaranya adalah karakter kebangsaan yang kuat, kesadaran hukum dan pemahaman tentang berlalu lintas,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, anak-anak juga diajak untuk mengikuti lomba mewarnai dengan tema polisi dan tertib berlalu lintas.

Mereka semakin antusias karena telah disiapkan hadiah-hadiah yang menarik bagi mereka yang bisa mewarnai dengan bagus.

“Ini adalah bagian dari tanggung jawab moral kita kepada generasi penerus bangsa. Memberikan Pendidikan yang baik, membekali dengan wawasan dan ilmu pengetahuan,” kata Kanitkamsel Satlantas Polres Trenggalek, Aipda Ali Wibowo.

“Hasilnya mungkin tidak bisa kita lihat secara langsung, namun 10 -20 tahun kedepan anak-anak ini akan menjadi generasi yang taat aturan berlalu lintas dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan,” pungkasnya.

Related Articles