Beranda Lalu Lintas Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas Libur Nataru, Satlantas Polres Nganjuk Fokus Pengamanan di Exit Tol Begadung

Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas Libur Nataru, Satlantas Polres Nganjuk Fokus Pengamanan di Exit Tol Begadung

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satlantas Polres Nganjuk mewaspadai Exit Tol Begadung saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Karena exit tol tersebut diperkirakan menjadi salah satu titik macet.

“Akan terjadi penumpukan kendaraan di Exit Tol Begadung,” ujar Kasatlantas Polres Nganjuk AKP Dini Annisa Rahmat, kemarin.

Dengan banyaknya kendaraan yang sama-sama ingin keluar tol maka antrean panjang akan terjadi. Otomatis, kendaraan akan menumpuk di exit tol. Ini yang bisa menyebabkan kemacetan.

“Libur Nataru itu pasti banyak warga yang bepergian untuk berwisata,” ujar Dini.

Selain Exit Tol Begadung, Kasatlantas Polres Nganjuk asal Surabaya ini mengatakan, polisi juga mewaspadai Perempatan Mengkreng dan Kecamatan Wilangan yang berbatasan dengan Madiun. Karena di sana, kendaraan biasanya bertemu. Khusus di Perempatan Mengkreng, selama ini selalu menjadi pusat macet.

Dini menjelaskan, satlantas juga akan memantau beberapa titik. Di titik pantau tersebut, petugas akan membangun pos pengamanan dan pos pantau. Untuk pos pengamanan, nantinya akan didirikan di Kertosono, Terminal Anjuk Ladang, dan Jalan Diponegoro.

“Untuk di Kertosono akan dibangun di Mengkreng dengan bantuan Polres Jombang dan Polres Kediri,” tambahnya.

Dini mengatakan akan ada 5 pos pantau yang didirikan. Yaitu di Exit Tol Nganjuk, Wilangan, Barong, Stasiun Nganjuk, dan Stasiun Kertosono.

“Pos Pengamanan dan Pos Pantau dibangun di tempat-tempat yang diprediksi akan ada penambahan volume lalu lintas,” sambungnya.

Selain kedua pos tersebut, Satlantas Polres Nganjuk juga akan mendirikan tiga jenis pos lainnya. Yaitu, Pos YAN, Pos Terpadu, dan Pos Wisata. Untuk Pos YAN akan dibagun di Pos Satlantas 905 Pujahito. Untuk Pos Terpadu, akan dibangun di Jalan Ahmad Yani. Dan Pos Wisata, akan dibangun di Air Terjun Sedudo dan TRAL.

Selain mewaspadai beberapa titik kemacetan. Dini mengatakan jika pihaknya juga akan mewaspadai beberapa titik rawan kecelakaan. Yang paling utama, penjagaan akan dilakukan di Jalan Raya Desa Kedungsuko, Kecamatan Tanjunganom.

“Karena beberapa waktu yang lalu banyak korban meninggal di lokasi tersebut.

Nantinya, ada ada 750 personel gabungan yang siap mengamankan libur Nataru. Mereka berasal dari Polres Nganjuk, Kodim 0810, Satpol PP Kabupaten Nganjuk, Dishub Kabupaten Nganjuk, BPBD Kabupaten Nganjuk, dan lain-lain.

“Semoga libur Nataru kali ini aman dan lancar,” harapnya.

Related Articles