Beranda Lakalantas Terkait Kecelakaan Beruntun 19 Kendaraan di Tol Cipularang, Polda Jabar Evaluasi Pemasangan CCTV di Titik Rawan Laka

Terkait Kecelakaan Beruntun 19 Kendaraan di Tol Cipularang, Polda Jabar Evaluasi Pemasangan CCTV di Titik Rawan Laka

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Terkait kecelakaan beruntun di KM 92 Tol Cipularang, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jabar, Kompol Lalu Wira Sutriana mengatakan bahwa kronologi kecelakaan diakibatkan oleh hilangnya kendali Bus Laju Prima yang dikemudikan Dede Yusuf disaat jalanan menurun, sehingga menabrak kendaraan yang berada di depan.

“Usai menabrak kendaraan di kiri, kemudian oleng menabrak kembali kendaraan lain. Kondisi jalan juga padat, sehingga ada 19 kendaraan terlibat,” ujar Wira saat dihubungi Tim NTMC Polri, Selasa 28 Juni 2022

Wira mengungkapkan hingga saat ini polisi masih mencari Dede Yusuf yang melarikan diri usai terjadinya kecelakaan tersebut.

“Untuk kondektur sudah diamankan dan saat ini berada di Polres Purwakarta,” jelas Wira.

Dari 19 kendaraan yang terlibat, Wira memastikan tidak ada korban jiwa. Sedikitnya ada 4 orang yang mengalami luka ringan dan kini sudah dibawa ke RS Abdul Rajak Purwakarta.

“Untuk sementara pengemudi dikenakan pasal 310 dan 312 UU LLAJ. Bila ditemukan unsur lain nanti di TKP, bisa kena pasal lainnya,” ungkap Wira.

Wira berharap kecelakaan lain bisa segera diminimalisir, dan ini menjadi perhatian untuk dikoordinasikan dengan pihak terkait.

“Kita akan memasang imbauan kepada pengemudi agar berhati-hati di jalur tersebut mengingat dari geografisnya cukup rawan. Kita akan koordinasi juga untuk pemasangan cctv di TKP sehingga bisa dilihat bagaimana kejadian, sebagai bahan evaluasi ke depan,” jelas Wira.

Selain itu, Wira juga akan menggelar Ramp check berkala bersama stakeholder kepada angkutan barang dan orang di lokasi-lokasi tertentu.

“Ini semua demi meminimalisir kecelakaan dan kelaiakan jalan kendaraan tersebut,” pungkas Wira.

Related Articles