Beranda Lakalantas Sebuah Mobil Terjun ke Jurang di Lareng Ijen Banyuwangi

Sebuah Mobil Terjun ke Jurang di Lareng Ijen Banyuwangi

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Terungkap kronologi mobil Toyota Kijang yang terjun ke jurang di lereng Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa malam 1 Februari 2022). Saksi mata, Maskonik (50), menceritakan, saat kejadian cuaca di lokasi berkabut dan hujan lebat.

Mobil nahas itu melaju pelan dari atas. Karena berkabut, pandangan sopir terhalang. Mobil sempat berhenti, menepi ke kanan. Lalu, roda depan mobil menghantam tumpukan ban. Diduga, sopir panik, keliru menginjak rem. Stir dibanting ke ke kiri.

Alhasil, mobil melaju lalu terjun ke jurang sedalam 50 meter. “Saat kejadian, saya di belakang mobil, jaraknya tidak jauh. Tiba-tiba, mobil menghilang,” kisah pria yang akrab dipanggil Konik ini, Rabu 2 Februari 2022.

Konik menyadari ada kecelakaan setelah korban selamat, Zainul (18), berteriak minta tolong di pinggir jalan. “Akhirnya, bersama warga saya turun, saya temukan satu korban, Muhtadi Bilal (8) hanyut terbawa air sungai,” jelasnya.

Ketika ditemukan, kondisi mobil sudah terendam air. Satu korban tewas (pengemudi) kondisinya terjepit. Sedangkan, satu korban perempuan tubuhnya di luar mobil, sempat terseret air sungai. Konik menduga, pengemudi mobil tak menguasai medan, apalagi berkabut. Sehingga, tak melihat tikungan tajam di depan, lalu nyelonong ke jurang.

Hingga pukul 12.00 WIB, bangkai mobil masih berada di dasar jurang, di atas sungai. Kejadian ini menjadi tontonan warga yang melintas. Polisi juga melakukan olah TKP kejadian.

“Masih menunggu mobil derek untuk evakuasi mobil,” kata Kasat Lantas Polresta Banyuwangi Kompol Akhmad Fani Rakhim tadi siang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sebuah mobil berisi satu keluarga terjun ke jurang di lereng Gunung Ijen, Selasa sore 1 Februari 2022. Dua tewas (pasangan suami istri), dua lagi, anak dan keponakan berhasil selamat. Saat kejadian, keluarga nahas ini pulang dari air terjun di deket kawah Ijen.

Related Articles