Beranda Lalu Lintas Satlantas Polresta Bukittinggi Ujicoba Satu Arah Jalan Bukittinggi-Sicincin

Satlantas Polresta Bukittinggi Ujicoba Satu Arah Jalan Bukittinggi-Sicincin

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satlantas Polresta Bukittinggi menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan uji coba jalan satu arah (One Way) untuk memecah kepadatan kendaraan di jalur Bukittinggi – Padang.

Pelaksanaan uji coba One Way jalur Bukittinggi Sicincin menempuh jarak sekitar 45 km dengan melibatkan tiga Polres yakni Polresta Bukittinggi, Polres Padang Panjang dan Polres Padang Pariaman.

Uji coba One Way akan dilaksanakan pada Sabtu (8/4/2023) dimulai pukul 12,00 WIB hingga 16,00 WIB. Pelaksanaan uji coba nanti kendaraan dari arah Bukittinggi menuju Padang akan diarahkan menuju jalur Malalak dan keluar di Sicincin. Sedangkan kendaraan yang dari arah Padang menuju Bukittinggi diarahkan dari Sicincin menuju Lembah Anai, Padang Panjang dan terus ke Bukittinggi.

“Sebelum uji coba dilaksanakan, kita terlebih dulu akan mensterilkan jalur tersebut. Kendaraan yang dari arah Bukittinggi menuju Padang, kita sisir dan kita arahkan menuju jalan Malalak,” kata Kasat Lantas Polresta Bukittinggi, AKP. Ghanda Novidiningrat, Rabu (5/4/2023) malam.

Menurut Ghanda, sebelum uji coba dilaksanakan, pihaknya telah turun ke lapangan untuk memantau kondisi jalur di jalan Bukittinggi Padang via Malalak. Dari hasil pantauan tersebut ditemukan beberapa kendala yang perlu dibenahi diantaranya, di daerah Sikabu ditemukan jalan yang terban, pada awalnya jalan itu lebar 8 meter sekarang tinggal 4 meter.

“Kemudian, di km 16 Malalak kita ditemukan titik longsoran, pada saat itu kita lihat satu unit alat berat sedang bekerja membersihkan material longsoran tersebut,” jelas Ghanda.

Selanjutnya, ditemukan penyempitan jalan ke arah Malalak berupa jembatan yang lebarnya hanya 3,2 meter. Diperkirakan dengan lebar jembatan segitu, kemungkinan kendaraan besar seperti bus dan truk tidak akan lewat.

“Hasil temuan ini akan kita rapatkan dengan Forkopimda Kab. Agam dan Provinsi Sumbar untuk mencarikan solusinya agar jalan tersebut dapat digunakan pada pada saatnya,” kata Ghanda lagi.

Ia menambahkan, jika kondisi cuaca hujan di daerah Malalak pada saat uji coba, maupun pemberlakuan one way, maka pelaksanaan one way dinormalkan kembali seperti biasa.

Rencananya, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumbar akan menerapkan sistim satu arah (One Way) pada saat hari raya Idul Fitri yakni pada H-3 hingga H+3 di jalur Bukittinggi Padang.

One Way itu dilaksanakan untuk mengatasi kemacetan yang selalu terjadi pada saat arus mudik dan arus balik di jalan Bukittinggi Padang.

Related Articles