Beranda Kegiatan Satlantas Polres Sukoharjo Tertibkan Pelajar yang Membawa Motor ke Sekolah

Satlantas Polres Sukoharjo Tertibkan Pelajar yang Membawa Motor ke Sekolah

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Bukan gertak sambal, jajaran Satlantas Polres Sukoharjo menertibkan pelajar di bawah umur yang mengendarai sepeda motor ke sekolah. Penertiban menyasar sekira puluhan pelajar SMP negeri di Kecamatan Polokarto, Kamis (2/2/2023).

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kasatlantas AKP Sofia Wuriana menjelaskan, razia di gelar di halaman SMP negeri di Polokarto. Karena ada indikasi, banyak siswa di sekolah tersebut mengendarai motor.

Benar saja, tercatat 63 siswa mendapat teguran plus sanksi tilang di tempat. Selain tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), pelanggaran yang dibuat beragam. Mulai dari tidak mengenakan helm, kendaraan tanpa disertai surat, serta kelengkapan kendaraan yang tidak sesuai standar.

“Kami razia pagi ini (kemarin) di SMP di Polokarto. Kami berikan teguran kepada para siswa dan siswi yang mengendarai motor, tapi tidak mengunakan kelengkapan berkendara,” kata Sofia.

Menurut Sofia, hasil analisa satlantas menyebut hampir separo pelajar usia SMP di Kota Makmur mengendarai sepeda motor ke sekolah. Bukan tanpa alasan, karena moda transportasi umum mati suri. Selain itu, kesibukan orang tua membuat mereka berani membekali buah hatinya dengan sepeda motor ke sekolah. “Karena masih di bawah umur, potensi terjadi kecelakaan lalu lintas (laka lantas) cukup tinggi,” beber Sofia.

Sementara itu, fenomena pelajar mengendarai motor ke sekolah sudah diketahui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo. Terkait adanya razia dari satlantas yang menyasar satuan pendidikan, disdik mengklaim sudah menyosialisasikan. Berupa surat imbauan yang ditujukan kepada seluruh SMP, baik negeri maupun swasta.

“Kami mengimbau agar siswanya diterbibkan siswa yang mengendarai sepeda motor ditertibkan. Surat imbauan sudah kami kirim sejak 9 Januari lalu,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdikbud Sukoharjo Warsini.

Menurutnya, surat tersebut dibuat sesuai hasil koordinasi dengan Polres Sukoharjo. Terkait meningkatnya angka laka lantas yang melibatkan pelajar. “Kepada kepala SMP, harus bisa menertibkan peserta didik yang pakai motor ke sekolah,” ujarnya.

Related Articles