Beranda Lalu Lintas Satlantas Polres Blitar Kota Atensikan 3 Titik Rawan Kepadatan Saat Malam Tahun Baru

Satlantas Polres Blitar Kota Atensikan 3 Titik Rawan Kepadatan Saat Malam Tahun Baru

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Mendekati malam perayaan tahun baru 2023 arus lalu lintas di Kota dan Kabupaten Blitar mulai meningkat. Sejumlah kendaraan berplat luar kota terlihat sudah memasuki Wilayah Kabupaten maupun Kota Blitar.

Untuk itu Polres Blitar Kota telah memprediksi sejumlah titik yang rawan terjadi kemacetan. Total ada 3 titik rawan kemacetan yang menjadi perhatian khusus oleh Satlantas Polres Blitar Kota.

Berikut 3 titik rawan macet yang berada di wilayah Kabupaten dan Kota Blitar :

Simpang Tiga Tugurante

Simpang Tiga Tugurante menjadi lokasi pertama yang diperkirakan akan menjadi titik rawan macet oleh Satlantas Polres Blitar Kota. Simpang Tiga Tugurante ini merupakan jalur utama menuju Kediri serta menuju Tulungagung.

Letaknya yang berdekatan dengan pasar membuat kondisi arus lalu lintas di Simpang Tiga Tugurante ini selalu membuat kemacetan di pagi hari. Untuk itu Satlantas Polres Blitar Kota telah menyiapkan sejumlah rekayasa arus lalu lintas di Simpang Tiga Tugurante tersebut.

Nantinya bila terjadi kemacetan maka jalur dari Blitar menuju Tulungagung atau sebaliknya akan ditutup, dan dialihkan melalui Kecamatan Srengat kemudian berbelok menuju Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Sementara untuk arah ke Kediri akan tetap dibuka secara Normal.

Di lokasi tersebut Satlantas Polres Blitar Kota juga telah mendirikan pos pantau serta menyediakan tim pengurai. Sehingga bila terjadi kemacetan tim pengurai tersebut akan langsung bergerak untuk mengurai dan pengalihan arus lalu lintas.

Simpang Empat Pakunden

Simpang Empat Pakunden ini berada di Jalan Tanjung Kota Blitar. Lokasi ini menjadi titik rawan kemacetan ke dua yang telah dipetakan oleh Satlantas Polres Blitar Kota.

Jalur Protokol arah Kediri ini menjadi daerah yang biasa terjadi kemacetan saat libur Natal dan tahun baru. Banyaknya kendaraan yang melintas juga menjadi lokasi ini rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Adanya SPBU yang berada tepat di Barat perempatan Pakunden juga semakin menambah resiko kerawanan kemacetan yang terjadi. Untuk itu Satlantas Polres Blitar Kota telah menyiapkan rekayasa dan pengalihan arus di lokasi tersebut.

Nantinya bila terjadi peningkatan volume kendaraan maka simpang empat jalan Tanjung tersebut akan dibuka dua arus saja yakni arah ke Kediri dan sebaliknya. Sementara untuk yang arah ke pemukiman warga akan di wilayah Kelurahan Pakunden akan ditutup sementara waktu.

Tim pengurai kemacetan pun juga telah disiapkan bila terjadi peningkatan volume kendaraan di masa libur Natal dan tahun baru 2023 ini.

Simpang Tiga Kalipucang atau Batas Kota

Lokasi ketiga yang telah dipetakan sebagai titik rawan terjadinya kemacetan adalah Batas Kota. Lokasinya yang berada di pertigaan tanpa dilengkapi dengan lampu lalu lintas membuat lokasi ini rawan terjadinya kemacetan.

Satlantas Polres Blitar Kota pun telah menyiapkan rekayasa lalu lintas bila terjadi kemacetan di lokasi tersebut. Nantinya kendaraan dari arah Blitar akan dialihkan menuju arah Ponggok Kabupaten Blitar. Sementara untuk kendaraan yang berasal dari Kediri akan tetap diarahkan lurus menuju Kota Blitar.

Polres Blitar Kota sendiri telah mendirikan 2 pos pantau selama libur Natal dan tahun baru 2023 ini. Kedua pos pantau itu diletakkan di Simpang Tiga Tugurante dan Batas Kota Blitar.

Lokasi kemacetan lain yang juga diwaspadai adalah di wilayah Alun-alun Kota Blitar. Lokasi yang rencananya menjadi pusat perayaan tahun baru di Kota Blitar itu juga menjadi titik rawan kemacetan.

Sejumlah skema rekayasa lalu lintas pun akan dilakukan Satlantas Polres Blitar Kota untuk mengurangi kemacetan yang terjadi. Di lokasi tersebut Polres Blitar Kota juga telah mendirikan Pol pelayanan.

Penyediaan tim pengurai juga disiapkan untuk mengantisipasi terjadi penumpukan kendaraan di sekitar lokasi alun- alun.

Related Articles