Beranda Lalu Lintas Jalur Blitar-Malang Sempat Tertutup Pohon Tumbang

Jalur Blitar-Malang Sempat Tertutup Pohon Tumbang

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Sebuah pohon berukuran besar tumbang di Jalan Raya Propinsi masuk Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Senin (26/12/2022) sore.

Akibat kejadian itu, akses utama lalu lintas dari dan menuju Malang-Blitar, mengalami lumpuh total hingga tiga jam lebih.

Pasalnya, pohon yang berada di pinggir jalan kawasan tersebut tumbang hingga menutupi akses jalan.

Pohon jenis mahoni setinggi 20 meter, dengan diameter 1,5 meter itu, juga menimpa dua kios milik warga setempat.

Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan BPBD Kabupaten Malang, Cahyo Sujatmiko mengatakan pohon tumbang itu terjadi pada pukul 15.45 WIB, diawali hujan disertai angin cukup kencang.

“Selain akibat hujan dan angin kencang, kemungkinan pohon ini tumbang karena usianya memang sudah tua,” ungkap Cahyo, ditemui di lokasi, Senin (26/12/2022).

Sekitar 30 personel diterjunkan dalam proses evakuasi pohon tersebut. Terdiri dari BPBD Kabupaten Malang, Muspika Pakisaji, Kepolisian, TNI, Tagana Dinas Sosial Kabupaten Malang, dan PMI Kabupaten Malang.

“Proses evakuasi memakan waktu sekitar 2 jam. Mulai pukul 16.00 WIB, dan selesai pukul 17.30 WIB,” jelasnya.

Selama proses evakuasi berlangsung, tampak antrean kendaraan menyemut baik dari arah Blitar menuju Kota Malang, maupun sebaliknya dari arah Kota Malang menuju Blitar.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang, Ipda Danny Rizar Ramadhan menambahkan, untuk mengurai kemacetan akibat pohon tumbang itu, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas.

“Bagi kendaraan dari arah Blitar yang melalui Jalan Lintas Barat (Jalibar) Kecamatan Kepanjen, kita arahkan belok kanan menuju Kecamatan Kepanjen, tembus di jalan Penarukan, lalu belok kiri ke arah Kota Malang,” tegasnya.

Sebaliknya, lanjut Danny, kendaraan dari arah Kota Malang yang hendak menuju Blitar dialihkan belok kiri di pertigaan Puskesmas Pakisaji menuju Jalan Raya Karangduren. Kemudian belok kanan ke arah Kepanjen.

“Lalu lintas di jalur utama Blitar Malang ini terganggu sekitar 2 jam. Semua kendaraan terpaksa kami alihkan baik roda empat maupun roda dua,” pungkasnya.

Related Articles