Beranda Lalu Lintas Ratusan Kendaraan Padati Pelabuhan Bakauheni

Ratusan Kendaraan Padati Pelabuhan Bakauheni

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Sehari jelang pemberlakuan pembatasan operasional truk non sembako, ratusan truk memadati dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Rabu 27 April 2022. Bahkan, truk non sembako ini telah mengantri selama 12 jam sejak pukul 03.00 WIB dini hari.

Ratusan truk ini mengantri untuk menghindari larangan melintas bagi truk non sembako pada puncak arus mudik 2022. Kementerian perhubungan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas salah satunya menyangkut pembatasan angkutan barang saat arus mudik Lebaran 2022 berlangsung, yang diberlakukan pada 28 April hingga 1 Mei 2022.

Dari pantauan di area dermaga Pelabuhan Bakauheni, minimnya sistem pengaturan jalur antrean masuk kapal, berimbas kemacetan kendaraan. Bahkan, sebagian kendaran ada yang bersenggolan dengan kendaraan lainnya di jalur sempit.

Tidak hanya itu, sebagian batu pembatas pun roboh tersenggol badan truk. Aksi saling mendahului pun tak terelakkan, lantaran ratusan truk ini sudah mengantre sejak jam 10 malam dan tertahan 12 jam lebih di area parkir dermaga.

Berdasarkan data posko ASDP Bakauheni, sebanyak 7.384 kendaraan roda empat telah diseberangkan ke Pelabuhan Merak Rabu 27 April 2022. Jumlah tersebut terdiri dari 4.637 kendaraan pribadi, 443 bus dan 2.304 truk. Sedangkan untuk kendaraan roda dua sebanyak 242 unit.

Related Articles