Beranda Lalu Lintas Jembatan Balun Lamongan Akan Diperbaiki, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Jembatan Balun Lamongan Akan Diperbaiki, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Jembatan Balun atau Ngaglik 1 yang berada di ruas jalan poros Lamongan, yang sempat ambles, akan kembali diperbaiki. Kali ini, perbaikan dilakukan di sisi selatan setelah beberapa waktu lalu sisi utara yang ambles telah diperbaiki.

Kanit Turjawali Polres Lamongan, Ipda Endro Widodo membenarkan rencana perbaikan jembatan. Perbaikan rencananya dilakukan minggu depan.

“Betul, sisi selatan Jembatan Balun atau Jembatan Ngaglik 1 akan segera diperbaiki,” kata Endro Widodo dalam keterangannya, Senin (8/8/2022).

Endro mengungkapkan persiapan yang sudah dilakukan yakni pemasangan seng, water barrier dan rambu-rambu di sisi jembatan yang akan diperbaiki. Sejumlah alat berat dan girder jembatan akan didatangkan.

“Saat ini sudah dilakukan penutupan seng dan pemasangan rambu di sisi jembatan yang akan dilakukan perbaikan,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas, kata Endro, polisi mengimbau pengguna jalan, terutama kendaraan besar, untuk melalui jalur alternatif dari Tuban ke jalur Jalan Daendels yang tembus ke Manyar, Gresik.

Sedangkan kendaraan dari selatan, diimbau untuk melalui jalur Jombang – Mojokerto.

“Untuk kendaraan kecil kita imbau untuk lewat dari simpang 3 Pucuk ke utara atau simpang 3 Sukodadi ke utara,” jelas Endro.

Sebelumnya, Jembatan Balun di Jalan Nasional Lamongan ini ambles hingga 1 meter dengan panjang amblesan 25 meter dan lebar amblesan 8,75 meter pada Selasa (29/3/2022). Peristiwa itu dipastikan karena Jembatan Balun terlalu sering dilewati kendaraan kelebihan muatan.

Seluruh kendaraan baik dari Tuban maupun dari Surabaya sempat dialihkan sementara waktu. Yakni melalui Jalur Pantura di Jalan Raya Daendels, Paciran, dan Jalur Selatan Jombang-Mojokerto.

Setelah perbaikan selama 22 hari, Jembatan Balun akhirnya open traffic. Perbaikan jembatan berlangsung lebih cepat dari perkiraan. Jembatan akhirnya pada Minggu 17 April 2022 resmi dibuka untuk kendaraan umum.

Related Articles