Beranda Headlines Hadiri Pameran Indo Defence 2022, Ini Pesan Presiden Jokowi

Hadiri Pameran Indo Defence 2022, Ini Pesan Presiden Jokowi

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Presiden Jokowi meminta agar Indonesia bisa mengikuti teknologi-teknologi militer terbaru yang ada di luar negeri. Dia menyoroti anggaran pertahanan di negara-negara anggota North Atlantic Treaty Organizations (NATO), Timur Tengah, hingga Asia Timur, yang mengalami kecenderungan naik sangat dratis.

Jokowi menyatakan kenaikan anggaran negara-negara tersebut diikuti oleh kemunculan teknologi-teknologi militer baru.

“Ini juga perlu kita ikuti bersama,” kata Jokowi saat konferensi pers di acara Indo Defence Expo and Forum 2022 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 2 November 2022.

Jokowi pun meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan industri pertahanan di Tanah Air, yang hadir dalam acara ini, untuk menyikapi kondisi ini. Kepada Prabowo, Jokowi mengingatkan pentingnya kerja sama dengan perusahaan-perusahaan negara lain.

Dalam acara in, Jokowi juga turut menyaksikan pameran alat utama sistem pertahanan atau alusista produksi lokal. Salah satunya yaitu Morino Moto EV dan E Tactical Motor Bike yang diproduksi holding BUMN Defend ID.

Berikutnya, Jokowi juga berkeliling melihat berbagai pameran dalam negeri dan stand-stand Instansi Pemerintah Salah satunya seperti stand Polri yang menampilkan seragam dinas Brimob jenis PDL Tactical Brimob dan Drone Tactical G2 dan masih banyak yang lainnya seperti kendaraan motor listrik jenis Zero Motorcyle dan mobil listrik jenis Mazda 6 SKY Active-G (ETLE Mobile) dan mobil SIM keliling.

“Saya senang dan sangat antusias untuk menargetkan perusahaan-perusahaan dalam negeri untuk bisa masuk ke 50 perusahaan pertahanan kelas dunia, tentu saja dengan produk-produk yang kita miliki sekarang harus dikembangkan sebaik mungkin,” kata Jokowi.

Jokowi menilai perkembangan industri pertahanan lokal saat ini cukup bagus. Lantaran, ada ruang yang sangat besar yang diberikan kepada swasta untuk ikut membangun. Baik dengan kerja sama dengan industri luar negeri atau produksi mandiri.

“Saya rasa ini perkembangan yang sangat baik dan yang paling penting kita bisa mengadopsi sebanyak mungkin teknologi-teknologi baru di bidang pertahanan militer,” jelas Jokowi.

Ajang Indo Defence Expo and Forum 2022 yang dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi ini memerkan berbagai alutista dari dalam dan luar negeri. Pameran industri pertahanan internasional yang digelar dua tahun sekali ini melibatkan sekitar 900 perusahaan produsen alutista dari 59 negara. Acara ini digelar pada 2-5 November 2022 dan terbuka untuk umum. Selain pameran alutista, ada sejumlah kegiatan yang dilaksanakan seperti demo produk, Forum Diskusi Pertahanan bertajuk ‘Indo Defence Forum’, Indo Marine Forum, MRO Forum, dan Space Summit.

Related Articles