Beranda Headlines Pelatihan Pengelolaan kendaraan Listrik pada pengamanan G20, Dirgakkum Korlantas Polri: Personel Harus Kompeten Guna Meminimalisir Hambatan

Pelatihan Pengelolaan kendaraan Listrik pada pengamanan G20, Dirgakkum Korlantas Polri: Personel Harus Kompeten Guna Meminimalisir Hambatan

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kembali melaksanakan pelatihan pengelolaan kendaraan listrik berbasis baterai dalam rangka mendukung perhelatan konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan membuka langsung pelatihan yang dilakukan selama tiga hari pada 2-4 November 2022, acara dihadiri lebih dari 200 personel Bantuan Kendali Operasi (BKO) Paspampres yang akan mengawal tamu VVIP selama pelaksanaan kegiatan KTT G20.

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi melalui Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menyampaikan kepada personel untuk memahami agar meminimalisir hambatan pada saat mengawaki kendaraan kendaraan listrik tersebut.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengubah kebiasaan baru dari mengemudikan kendaraan konvensional atau kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil sekarang menggunakan kendaraan berbasis listrik, masih banyak lagi yang perlu dipahami serta dipelajari dari spesifikasi kendaraan berbasis baterai tersebut.” Jelas Aan.

Kegiatan pelatihan pengelolaan kendaraan listrik berbasis baterai ini juga dilakukan agar para personel memahami karakteristik dari kendaraan listrik baik roda dua dan roda empat dengan performan spesifikasi teknis dan pengetahuan umum lainnya.

“sehingga diharapkan personel yang mengawaki sudah benar-benar memahami pengoperasionalan fiture karakteristik kedua jenis kendaraan tersebut agar meminimalisir hambatan.” Tegas Aan.

Selain itu, akan dilakukan latihan pengamanan rangkaian formasi pengawalan termasuk rute-rute yang akan dilalui para delegasi dan tamu VVIP, termasuk rute alternatif yang akan dilalui.

Aan Suhanan menambahkan pihaknya juga akan melatih personel dengan alat-alat yang akan digunakan pada saat melakukan pengawalan seperti salah satunya penggunaan body cam.

“Kita akan lengkapi Bodycam, sehingga akan mengetahui keadaan atau situasi yang ada di sepanjang rute ini Livestreaming jadi langsung dimonitor oleh posko yang ada di ITCD sehingga semua kegiatan ini bisa dikendalikan semua dari posko.” Kata Aan.

Pihaknya menekan kepada para personel yang akan mengawaki kendaraan listrik dalam rangkaian kegiatan agar benar-benar menguasai keterampilan dalam mengemudi, dan melakukan tindakan dengan mengedepankan sifat humanis.

Dalam pelatihan ini dihadiri Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Kasubditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Juni, Dirlantas Polda Bali Kombes Pol. Rumino Ardano, didampingi jajaran Korlantas Polri lainnya.

Related Articles