Beranda Kegiatan Dinamika Arus Mudik Sangat Cepat, Dirgakkum: Kita Harus Cepat Bertindak

Dinamika Arus Mudik Sangat Cepat, Dirgakkum: Kita Harus Cepat Bertindak

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan memberikan paparan singkat mengenai hasil pantauan sejak awal operasi ketupat 2022 pada 28 April lalu di Pos Terpadu Pengamanan Lebaran di GT Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah.

“Untuk pantura secara umum lancar dan tidak ada hambatan yang berarti. Arus mudik sampai saat ini yang ada di Jateng ini relatif cukup baik,” ujar Dirgakkum dihadapan Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setyadi Pos Terpadu Pengamanan Lebaran di GT Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/4).

Lanjutnya, Brigjen Aan menerangkan terkait menyoal isu atau kejadian yang terjadi di Dawuan pada saat pelaksanaan one way beberapa waktu lalu ada beberapa hal yang perlu disampaikan juga untuk jajaran yang lain terutama di jabar.

“Jadi cara bertindak yang cepat dari teman-teman yang ada dilapangan berakibat juga pada kecepatan mengurai, karena dinamika operasi, dinamika arus lalu lintas ini sangat cepat sekali,” terangnya.

Tambahnya, seperti halnya pada jadwal untuk one way hari pertama selesai jam 24.00 WIB, namun karena dinamika arus lalu lintas dari Jakarta masih cukup padat akhirnya diputuskan untuk diperpanjang. Sehingga permasalahan timbul pada masyarakat yang sudah terinformasikan bahwa jam 24.00 ini akan dibuka arus dari timur ke barat, sehingga ada beberapa warga masyarakat yang akan ke barat itu menunggu di gate tol.

“Ini menjadi permasalahan apabila kita tidak cepat mengambil tindakan dan tidak cepat mengurai masyarakat yang menunggu di gate tol ini,” jelasnya.

Dirgakkum menerangkan, bahwa perlu disampaikan ke anggota di lapangan untuk selalu mengikuti arahan dari Pusat dan segera mengambil tindak ketika ada perubahan dinamika-dinamika arus lalu lintas tersebut.

Dirgakkum menegaskan untuk permasalahan tersebut agar teman-teman dilapangan cepat mengambil tindakan ketika ada perubahan-perubahan dinamika ini dengan menginformasikan ke masyarakat yang sudah menunggu di depan gate tol kemudian mengarahkan masyarakat kearah pantura arteri.

Terakhir Dirgakkum menyampaikan terima kasih pada rekan-rekan di Jateng yang sudah bekerja keras untuk melakukan pelaksanaan tugas, melayani, mengamankan arus mudik tahun 2022.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi bersama Dankor Brimob Irjen Anang Revandoko serta Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi turut hadir mendampingi asistensi Asops Kapolri di Pos Terpadu GT Kalikangkung.

Related Articles