Beranda Kegiatan Respon Cepat Dirgakkum Urai Perlambatan di KM 424 Saat Patroli di Tol Semarang-Solo

Respon Cepat Dirgakkum Urai Perlambatan di KM 424 Saat Patroli di Tol Semarang-Solo

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan tunggangi motor patwal melakukan patroli keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran arus lalu lintas mudik Idul Fitri tahun 2022.

Brigjen Aan yang juga bertindak sebagai tim Pamatwil operasi ketupat 2022 berpatroli menyusuri ruas tol Semarang – Solo melalui GT Banyumanik, Kalikangkung, Bawen, Boyolali, hingga exit tol Ngasem-Colomadu dilanjutkan menyusuri ruas arteri arah Solo.

“Hasil patroli, arus mudik berjalan dengan baik dan berjalan sesuai dengan rencana. Untuk Jateng secara keseluruhan arus lalu lintas tidak ada kendala. Sekalipun ada kendala perlambatan langsung diadakan intervensi rekayasa lalu lintas langsung bisa cair,” ujar Dirgakkum di pos pelayanan Rest Area Km 487 A Boyolali, Sabtu (30/4).

Saat melakukan patroli, Dirgakkum sempat menemukan adanya perlambatan laju kendaraan yang mengakibatkan antrian kendaraan pada Km 424 di ruas tol Semarang-Solo.

“Di Km 424 ketika diberlakukan one way ini ada ‘dobrak’ (bukaan pembatas lajur), sehingga pemudik yang semula di lajur B masuk ke jalur A mengakibatkan kebelakang terjadi perlambatan,” jelasnya.

Melihat kondisi tersebut, Dirgakkum Korlantas Polri dengan sigap bertindak ke titik troublespot kemudian mengambil langkah cepat melakukan penguraian antrian kendaraan dan mengatur laju kendaraan.

“Setelah kita sampai titik troublespot, kita tutup dan arus kendaraan kembali lancar,” katanya.

Pada patrolinya, Dirgakkum juga menyempatkan mengecek kondisi petugas sekaligus memberikan semangat melalui tali asih berupa bantuan logistik untuk petugas yang bertugas di Pos pengamanan dan pelayanan arus mudik diantaranya Pos Yan Rest Area Km 487 A Boyolali, dan Pos Lantas di jalur arteri exit Tol Ngasem-Colomadu.

“Secara keseluruhan lancar, aman, dan tertib untuk Jateng,” terang Dirgakkum.

Terakhir, Brigjen Aan mengimbau kepada masyarakat pemudik yang menggunakan rest area untuk paling lama 30 menit, cukup buang air, istirahat sejenak, minum setelah itu kembali keluar bergantian dengan pemudik lainnya. Dan pemudik juga dapat memanfaatkan rest area di jalur non tol dengan keluar exit tol terdekat sehingga dapat meminimalisir perlambatan kendaraan menjelang rest area pada ruas tol.

“Tetap semangat, jaga kesehatan, mudik aman, mudik nyaman, mudik asik,” ucap pak Aan.

Sebelumnya,di Pos Terpadu GT Kalikangkung, Dirgakkum Korlantas Polri menyampaikan hasil pantauan pengamatan wilayah dihadapan Asops Kapolri yang didampingi Kakorlantas Polri bersama Dankor Brimob, Kadiv Humas Polri, dan Kapolda Jateng.

Related Articles