Beranda Nasional Inovasi Ditregident Korlantas di Tengah Pandemi Covid-19 Diapresiasi Publik

Inovasi Ditregident Korlantas di Tengah Pandemi Covid-19 Diapresiasi Publik

oleh Firmansyah

NTMC POLRI – Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korlantas Polri melakukan berbagai inovasi pelayanan publik di tengah pademi Covid-19. Salah satunya membuka pelayanan online.

Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusuf, SIK, MSi mengatakan, inovasi pelayanan publik yang dilakukan Ditregident Korlantas Polri di tengah pandemi Covid-19 mendapat sambutan positif berbagai pihak.

Ia mengatakan, sebagai sebuah siklus, inovasi pelayanan publik harus mampu beradaptasi dengan hambatan, tantangan dan gangguan yang dihadapi dalam masa tertentu.

“Saat ini, kita tengah dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia,” kata Brigjen Yusuf, Kamis (5/11).

Guncangan dampak pandemi ini juga sangat terasa dalam jajaran pemerintahan. Akses pelayanan publik dihadapkan pada tantangan tetap terjaganya kualitas layanan yang prima.

Di sisi lain, kata dia, juga tetap harus memperhatikan aspek keselamatan penyedia dan pengguna layanan melalui penerapan jaga jarak dan pembatasan sosial dalam berkegiatan untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

Lebih lanjut Brigjen Yusuf mengatakan, inovasi layanan yang dilakukan Ditregident Korlantas Polri mendapat apresiasi publik.

Berbagai kalangan masyarakat puas dan merasakan betul adanya perubahan sangat signifikan dalam pelayanan.

Pelayanan cepat dan mudah secara online yang kami terapkan di masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal ini ternyata mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan termasuk pakar dan akademisi.

Mereka mengapresiasi dan memberikan dukungan, karena di masa normal baru ini membuka layanan secara online atau daring.

“Saya sangat bangga ternyata jajaran direktorat di seluruh Indonesia dapat memanfaatkan momentum new normal ini dengan membuka layanan secara online, sehingga masyarakat cukup di rumah saja tanpa harus mengantre panjang di tempat pelayanan seperti Satpas,” ujar Brigjen Yusuf.

Menurutnya, upaya penerapan layanan secara daring ini diharapkan masyarakat tidak perlu keluar rumah sehingga dapat mencegah penyebaran Covid-19.

Perlu diketahui dalam rangka peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar lomba pelayanan regident.

Adapun kategori yang dilombakan meliputi, Inovasi pelayanan STNK dan TNKB di era adaptasi kebiasaan baru, lomba desain prototape gedung pelayanan BPKB dan lomba fasilitas material SBST.

Dalam Rakernis yang akan berlangsung tanggal 4-6 November 2020 di The Rich Hotel Yogyakarta, Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs Istiono, MH akan memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba pelayanan regident.

Penghargaan ini diberikan atas kinerja dan dedikasi terbaik yang mereka berikan kepada institusi.

“Penghargaan tersebut diberikan atas dasar komitmen Polri, dalam hal ini Korlantas, untuk mengapresiasi setiap kinerja jajarannya yang baik dan berinovasi. Serta berkat dedikasi tinggi,” ujar Brigjen Yusuf.

Selain itu, pihaknya pun menyampaikan apresiasi kepada pihak yang telah mendukung sepenuhnya pelayanan publik dalam mewujudkan Korlantas Polri yang lebih profesional, modern dan terpercaya atau promoter.

“Semua ini dilakukan sebagai wujud memberikan kontribusi nyata kepada negara dan masyarakat,” pungkas Brigjen Yusuf.

Brigjen Yusuf juga berpesan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan menhindari kerumunan serta selalu mencuci tangan dengan sabun.

Related Articles