Beranda Kegiatan Wujudkan Kompetensi SDM, Korlantas Polri Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Penguji SIM

Wujudkan Kompetensi SDM, Korlantas Polri Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Penguji SIM

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Guna memberikan peningkatan pelayanan yang cepat, akuntabel, transparan, dan humanis pada petugas SIM khususnya Subdit SIM dalam pengujian Surat Izin Mengemudi (SIM), Korps Lalu Lintas Polri menggelar uji pelatihan dan sertifikasi kompetensi penguji SIM di Hotel Kristal Cilandak, Jakarta Selatan. Kegiatan digelar mulai 18 Juli 2022 dan akan berakhir hingga 19 Juli 2022.

Kegiatan ini adalah proses asesmen untuk memberikan suatu sertifikat kompetensi melalui proses praktek, untuk melakukan pekerjaan petugas (anggota) yang nyata dengan diawasi oleh para tim Assesor.

Proses asesmen ini mengobservasi pengetahuan yang diwujudkan dalam dua metodologi pengumpulan alat bukti. Pertama dalam bentuk DPT (Daftar Pertanyaan Tertulis/ Multiple Choice), metodologi yang kedua adalah melalui Daftar Pertanyaan Lisan, dalam metodologi ini terdapat materi uji kompetensi yang sudah diterapkan dan ditetapkan oleh asesor yg dihimpun di LSP Polri.

Dalam arahannya, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus melalui Kasubdit SIM Kombes Pol Djati Utomo mengatakan kegiatan pelatihan dan sertifikasi Kompetensi SIM ini dimaksud untuk memiliki kemampuan petugas atau individu yang meliputi aspek knowledge, skill, dan attitude yang mengacu kepada performa standar yang ditetapkan.

“Dalam hal ini standar kompetensi kerja khusus penguji SIM, yang nantinya akan disahkan langsung oleh Kakorlantas Polri. Keberhasilan petugas (anggota) tergantung pada sumber daya manusia (SDM)”, tandas Djati.

Lebih lanjut, Djati menegaskan tujuan kegiatan ini demi mewujudkan polantas yang promoter, untuk memberikan kepastian bahwa orang-orang yang mengawasi fungsi pada kepolisian (petugas penguji SIM) adalah orang-orang yang berkompeten.

Kegiatan ini di ikuti oleh 30 peserta perwakilan dari masing-masing polda. Kedepannya peserta yang mengikuti kegiatan ini diharapkan bisa ditempatkan di Satpas tiap-tiap Polda wilayah.

Related Articles