Beranda Lakalantas Truk Pengangkut Pupuk Terjun ke Jurang di Bukit Bego Bantul

Truk Pengangkut Pupuk Terjun ke Jurang di Bukit Bego Bantul

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Belum diketahui persis penyebabnya, sebuah truk pengangkut pupuk yang berisi dua penumpang dan satu sopir terguling masuk jurang di jalan turunan dekat Bukit Bego, Dusun Kedung Buweng, Desa Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Bantul, Senin (1/8/2022) siang.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Bantul, Iptu Maryono, mengatakan kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 12:45 WIB, dialami oleh truk bernomor polisi AB 8925 FD. Truk berjalan dari arah timur ke barat dan menuruni turunan tajam.

Sebelum masuk jurang, truk menabrak sejumlah tiang provider dan ban pengaman yang disusun di pinggir jalan sisi selatan. Polisi dibantu warga yang berada di sekitar lokasi langsung mengevakuasi dan membawa ketiga orang di dalam truk ke Rumah Sakit Nur Hidayah. “Kondisinya sedang dalam penanganan di rumah sakit,” ujarnya.

Truk terbalik ketika masuk jurang sedalam sekitar 5 meter. Menjelang sore, polisi belum bisa mengevakuasi truk tersebut karena masih menunggu alat pengangkut.

Dia belum bisa memastikan penyebab kecelakaan karena masih mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi dan memeriksa lokasi kecelakaan. Ia menjelaskan karakter jalan di Bukit Bego yakni menurun dan banyak kelokan sehingga sopir memerlukan konsentrasi tinggi. “Sopir harus fokus dan bisa mengendalikan kecepatan,” ungkapnya.

Sopir juga harus memastikan kondisi kendaraan prima dan layak jalan sehingga dapat meminimalkan risiko kecelakaan di jalur Dlingo-Imogiri ini. “Kami imbau masyarakat untuk tetap menaati tata tertib lalu lintas,” katanya.

Di jalur Bukit Bego, para pengendara diimbau untuk menggunakan gigi kecil agar kendaraan lebih terkendali, terutama saat melewati turunan.

Related Articles