Beranda Headlines Tinjau Kampung Tertib Lalin di Majalengka, Korlantas Polri : KTL Meningkatkan Kualitas Keselamatan dan Menekan Angka Pelanggaran

Tinjau Kampung Tertib Lalin di Majalengka, Korlantas Polri : KTL Meningkatkan Kualitas Keselamatan dan Menekan Angka Pelanggaran

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Guna meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, diperlukan adanya kesadaran berlalu lintas. Kesadaran berlalu lintas tidak akan muncul dengan tiba-tiba, tetapi diperlukan pemahaman dasar, agar dapat mematuhi dalam berlalu lintas.

Dalam kunjungannya, Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Arman Achdiat melihat langsung Komplek Munjul Indah, Kelurahan Majalengka Wetan, Kecamatan Majalengka, Jawa Barat yang sudah dijadikan sebagai kampung tertib lalu lintas.

Dengan membentuk kampung tertib berlalu lintas, diharapkan adanya kesadaran, mulai dari keluarga kecil, anak anak, orang tua, pemuda-pemuda, yang memahami atau sebagai perantara untuk memberikan pemahaman langsung terkait tertib dalam berlalu lintas.

“Yang diharapkan itu adalah bagaimana meningkatkan kualitas keselamatan, jika berbicara kecelakaan, tentu saja dimulai dari adanya pelanggaran, sehingga pada hari ini saya selalu merencanakan kampung tertib lalu lintas, dan menekankan agar tidak melakukan pelanggaran, karena pelanggaran itu adalah awal dari pada kecelakaan” ujar Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Arman Achdiat.

Sebelum dijadikan sebagai kampung tertib lalu lintas, terdapat parameter dalam menentukan kampung tertib lalu lintas, parameter tersebut yang sudah disiapkan dan telah diserahkan kepada tim penilaian kepada wilayah, apakah kampung tersebut sudah memenuhi perayaratan parameter yang ada.

“Sekali lagi kami tidak akan membanding-bandingkan, kampung tertib lalu lintas akan dinilai sesuai dengan paraneter yang ada” sambung Kombes Pol Arman Achdiat.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi menyampaikan, Pada dasarnya masyarakatlah sebenarnya yang mendukung memprakarsai, memberikan bantuan, berpartisipasi, ikut mengelola, menertibkan, merapikan, mengusulkan segala jenis tata tertib, aturan lalu lintas yang ada disini.

“Kami Polres Majalengka hanya asistensi saja, memberikan dukungan karena sejatinya polri dalam hal ini, tanpa peran serta aktif dari masyarakat, maka ketertiban, kelancaran lalu lintas tidak akan tercipta” ungkap AKBP Edwin Affandi.

Perlu diketahui bersama, bahwa budaya tertib berlalu lintas itu tidak bisa muncul tiba-tiba, salah satu sarana untuk menciptakan budaya tertib berlalu lintas itu contohnya adalah kampung ini” sambung Kapolres Majalengka

Komplek Munjul Indah merupakan salah satu yang dijadikan sebagai kampung tertib lalu lintas, dimana yang sebelumnya sudah diresmikan oleh Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi pada tahun 2018.

Polri dalam hal ini melakukan langkah-langkah preemtif bagaimana Polri bisa mengedukasi, menjalin kerjasama, dan sinergitas masyarakat untuk masyarakat berupaya tertib.

“Tertib disini misalnya contoh pada saat akan berkendara masyarakat disini sudah menggunakan helm, kemudian kita lihat bersama, terdapat rambu-rambu lalu lintas yang bisa kita taati bersama, mudah-mudahan dengan budaya dari kecil, dari lingkungan sendiri, ini dapat membentuk minset masyarakat untuk bisa tertib di jalan” tutup AKBP Edwin Affandi.

Related Articles