Beranda Kegiatan Subditgakkum Korlantas Polri Gelar Pelatihan dan Sosialisasi Aplikasi ICELL

Subditgakkum Korlantas Polri Gelar Pelatihan dan Sosialisasi Aplikasi ICELL

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Tingkatkan pelayanan, Subdit Ditgakkum Korlantas Polri menggelar pelatihan dan sosialisasi aplikasi sidik lantas ICELL (Informasi Cepat Lalu Lintas) Tahun Anggaran 2021 yang dihadiri oleh 107 peserta dan 500 peserta mengikuti melalui virtual zoom yang digelar di Ballroom Favehotel, Jakarta, Selasa (14/12/2021).

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, tentu aplikasi ini hadir untuk meningkatkan pelayanan Polri, khususnya di Direktorat Gakkum karena semua aplikasi yang ada saat ini berbasis teknologi informasi.

“Tentu aplikasi ini hadir untuk meningkatkan pelayanan Polri, khususnya Direktorat Gakkum karena semua aplikasi yang ada saat ini berbasis teknologi informasi, dan saat ini di era 4.0 semua pelayanan apapun itu berbasis IT, kalau kita tidak mengikuti era ini, kita akan tertinggal,” ujar Dirgakkum dalam sambutannya membuka kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi ICELL.

Sebagai penegakan hukum di bidang lalu lintas, Dirgakkum mengingatkan kembali pesan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi saat Rakernis Fungsi Gakkum pada beberapa hari lalu, bahwa sebagai penegak hukum khususnya bidang lalu lintas tidak harus menegakan hukum dengan tilang.

“Boleh tilang tapi dengan benar, menindak pelanggaran yang kasat mata. Penegak Hukum itu juga harus bisa bagaimana bertindak mencegah terjadinya pelanggaran,” sambung Dirgakkum.

Dirgakkum menambahkan, aplikasi ICELL ini digagas oleh Kasubditlaka Kombes Pol Hotman bersama Tim dalam rangka memberikan pelayanan yang transparan kepada masyarakat. Dan sesuai dengan program Presisi Kapolri.

“Dengan ICELL nantinya masyarakat dapat langsung mengetahui perkembangan penyidikan di bidang lakalantas, begitu juga pimpinan, nantinya tinggal melihat melalui aplikasi ICELL, jadi kontrol pengawasan penyidik bisa lebih cepat,” tambah Dirgakkum.

Diakhir sambutan, Dirgakkum berharap melalui aplikasi ICELL yang terkoneksi dengan IRSMS (Integrated Road Safety Management System) ini bisa menggambarkan kecelakaan lalu lintas yang sebenarnya, serta dapat menentukan titik-titik blackspot atau daerah rawan kecelakaan sehingga menjadi bahan untuk evaluasi untuk menekan angka kecelakaan dan pelanggaran.

“Mari kita sambut teknologi ini. Dan aplikasi-aplikasi yang ada di kita mari kita masifkan, silahkan berkoordinasi dengan stakeholder di daerah,” pungkas Dirgakkum.

Related Articles