Beranda Kegiatan Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas, Satlantas Polres Tegal Tamankan Sejak Usia Dini

Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas, Satlantas Polres Tegal Tamankan Sejak Usia Dini

oleh Redaksi NTMC

KORLANTASPOLRI – Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun, melaui Kasatlantas Polres Tegal AKP Wendi Andranu, melaksanakan Dikmaslantas kepada 45 anak-anak usia dini dari TK Pertiwi 26-71 Pagerbarang Kabupaten Tegal, Kamis (7/12/2023).

Kanitkamsel Ipda Setiadi Mujahid, beserta tim Satlantas Polres Tegal memberikan materi edukasi tertib berlalu lintas, seperti pengenalan rambu-rambu mulai lampu lalu lintas, simpang jalan, rambu berhenti, dilarang melintas dan sebagainya.

Secara khusus juga dibahas aturan warna dalam alat pengaturan isyarat lalu lintas (APIL) atau Traffic Light, lebih sering dikenal dengan istilah lampu “bangjo” dalam bahasa lokal Kabupaten Tegal.

“Lampu berwarna Merah artinya Berhenti, Hijau boleh jalan, dan Kuning hati-hati. Bila di persimpangan jalan harus berhati-hati,” imbau Bripka Riski Wigiya Astuti, Sabtu (9/12/2023).

Selain itu, sambung Bripka Riski, anak-anak juga diberi pesan bila orangtua melanggar peraturan lalu lintas agar bisa mengingatkan lebih tertib lagi dalam berlalu lintas.

Sehingga dapat berkendara dengan aman dan selamat sampai tujuan.

Polwan Satlantas Polres Tegal itu juga mengenalkan profesi kepolisian yang bertugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), serta menegakkan hukum bagi para pelaku tindak kejahatan.

Pembelajaran yang berlangsung selama 120 menit, dikemas dengan metode belajar dan bermain sehingga suasana menjadi lebih menyenangkan.

“Kami berharap, materi yang diajarkan dapat lebih lekat dalam ingatan anak-anak yang kemudian dapat diterapkan sebagai upaya mewujudkan keselamatan berlalu lintas,” harap Bripka Riski.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Pertiwi 26-71 Pagerbarang, Karti, mengatakan bahwa anak-anak sangat antusias karena dapat kesempatan belajar di Polres Tegal.

“Terlebih kegiatan kali ini juga menjadi salah satu program pendidikan di TK Kami, dimana anak-anak dikenalkan langsung profesi-profesi yang ada di Kabuapten Tegal,” tuturnya.

Related Articles