Beranda Lalu Lintas Satlantas Polres Tanbu Imbau Pengendara Hati-hati Saat Melintasi Jalan Satui

Satlantas Polres Tanbu Imbau Pengendara Hati-hati Saat Melintasi Jalan Satui

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menghimbau kepada pengendara yang melintas di Jalan Alternatif Satui KM 171 agar lebih hati-hati dan waspada akibat hujan yang menyebabkan jalan menjadi licin.

“Hingga saat ini di wilayah tersebut masih diguyur hujan sedang, sehingga pengendara diminta berhati-hati dan jangan terburu-buru saat melintas jalan tersebut untuk menjaga keselamatan lalulintas bagi diri sendiri dan pengendara lain,” kata Kasat Lantas Polres Tanah Bumbu AKP Guntur Setyo Pambudi, di Batulicin Rabu (1/3/2023).

Dia mengatakan, hujan memang menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor. Entah kecelakaan ringan, berat, kecelakaan tunggal, maupun kecelakaan berantai.

Untuk menghindari itu semua, agar para pengendara lebih memperhatikan aturan-aturan keselamatan sebelum berkendara salah satunya jangan ngebut saat berkendara.

“Mengurangi kecepatan laju kendaraan saat hujan adalah hal yang wajib dilakukan. Saat hujan jalanan bukan hanya licin karena air, namun bisa juga licin karena air yang bercampur dengan oli yang berceceran,” ujarnya.

Selain itu, pengendara juga wajib menyalakan lampu kendaraan, ketika hujan turun dengan cukup deras, maka kondisi jalan menjadi tidak jelas. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menyalakan lampu depan dan belakang mobil ketika berkendara.

“Untuk sementara waktu petugas kepolisian menerapkan sistem buka tutup bagi pengendara yang melintas di Jalan Alternatif Satui KM 171, pasalnya di lokasi tersebut terdapat kendaraan yang membawa alat berat sedang mengalami kerusakan,” ujarnya.

Alternatif lain, pengendara dari arah Batulicin menuju Banjarmasin juga dapat melintas di Simpang Tiga Jombang keluarnya di jalan alternatif yang dibangun pemerintah daerah. Dan pengendara wajib mengikuti arahan dari petugas di lapangan.

Yang paling penting jaga jarak aman berkendara, hindari genangan air, kuasai kendaraan untuk mengatasi slip dan  wajib berhenti jika hujan terlalu deras.

“Kami sangat berharap agar para pengendara dapat mematuhi hal itu semua demi menjaga keselamatan diri sendiri dan pengendara lain,” tegas Guntur.

Related Articles