Beranda News Satlantas Polres Sumedang Ajak Warga Berdiri Sikap Sempurna Peringati HUT ke-76 RI

Satlantas Polres Sumedang Ajak Warga Berdiri Sikap Sempurna Peringati HUT ke-76 RI

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Petugas Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Sumedang tampak mengheningkan cipta dengan khidmat saat arus lalu lintas dihentikan sejenak dan sirine kendaraan dibunyikan di Bundaran Alam Sari, Kabupaten Sumedang, Selasa (17/8/2021) pagi.

Kegiatan mengheningkan cipta ini untuk memperingati detik-detik dibacakannya teks proklamasi dan pengibaran bendera Merah Putih di HUT ke-76 Republik Indonesia.

Sebelumnya, seluruh kendaraan yang datang dari empat penjuru mata angin dihentikan oleh petugas. Kemudian, Petugas Polwan membagikan satu-satu bendera merah putih kepada setiap pengendara yang dihampirinya.

Tepat pukul 10.17 WIB saat sirine dari kendaraan Satlantas dibunyikan selama 3 menit, para pengendara begitu kompak mengheningkan cipta sambil mengibar-ngibarkan bendera di atas kendaraannya. Sementara para petugas, dengan penuh hormat, berdiri tegap menghadap kepada para pengendara.

Pitro, salah seorang pengendara mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Satlantas Sumedang. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif sebagai salah satu bentuk syukur atas kemerdekaan yang telah dicapai oleh bangsa Indonesia.

“Bagus banget positif, sangat positif sebagai bentuk peringatan hari kemerdekaan kita,” ucapnya.

Ia berharap hari kemerdekaan yang bertepatan dengan pandemi COVID-19 ini bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik. “Merdeka, semoga COVID-19 segera berlalu bangsa Indonesia lebih baik lagi,” katanya.

Kasatlantas Polres Sumedang AKP Eryda Kusuma mengatakan kegiatan yang digelar adalah bentuk refleksi untuk memperingati detik-detik saat dibacakannya teks proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih saat merebut kemerdekaan.

“Kegiatan ini kami laksanakan di pos-pos lalu lintas yang ada di Sumedang, selama tiga menit para pengendara dan warga sekitar diajak untuk menghentikan segala aktivitas untuk memperingati detik-detik dibacakannya teks proklamasi,” ungkap Eryda.

Eryda berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan menumbuhkan semangat kemerdekaan kepada warga. “Alhamdulillah warga mengapresiasi atas kegiatan ini dan kita sama-sama mengheningkan cipta,” katanya.

Di momen hari kemerdekaan yang bertepatan dengan adanya pandemi Covid-19 ini, tambah Eryda, ia berharap seluruh elemen masyarakat bisa sama-sama saling tolong menolong dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Harapannya masyarakat di Kabupaten Sumedang bisa sama-sama dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini, salah satunya memperhatikan 5 M dan selalu memperhatikan kesehatan,” pungkasnya.

Related Articles