Beranda News Polantas Cirebon Gelar Upacara Bendera di Perempatan Pasar Sumber

Polantas Cirebon Gelar Upacara Bendera di Perempatan Pasar Sumber

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Sat Lantas Polresta Cirebon memperingati HUT Republik Indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih di perempatan lampu merah Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Aksi pengibaran dan penghormatan bendera itu dilakukan saat detik-detik proklamasi sekitar pukul 10.17 WIB.

Aksi pengibaran dan hormat bendera itu diikuti pengendara lain yang melintas di perempatan lampu merah Pasar Sumber. Para pengendara seketika berhenti dan mengikuti hormat bendera di perempatan jalan.

Kasat Lantas Polresta Cirebon Kompol M Alan Haikel mengatakan aksi pengibaran dan hormat bendera di jalanan itu merupakan cara agar masyarakat bisa melaksanakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 RI. Sebab, lanjut Alan, banyak masyarakat yang tak bisa mengikuti upacara karena kesibukannya.

“Sehingga kami mengajak masyarakat pengguna jalan memperingati momen kemerdekaan ini. Kami ajak mereka berhenti sejenak dan memberikan penghormatan kepada bendera merah putih,” kata Alan, Selasa (17/8/2021).

Alan mengatakan kegiatan upacara bendera di jalanan itu bagian dari institusinya untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme. Selain itu, pihaknya juga mengajak masyarakat mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam membela NKRI.

Saat pengibaran bendera di perempatan jalan itu, polisi wanita (polwan) berdiri di setiap sudut lampu merah sembari mengibarkan bendera. Sejumlah petugas meminta para pengendara berhenti sejenak dan mematikan mesin kendaraannya. Selanjutnya mereka diminta turun dan berdiri di samping kendaraannya masing-masing.

“Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini dari awal hingga selesai. Semoga ini bisa menginspirasi pihak lain sehingga semangat kemerdekaan dirasakan seluruh elemen masyarakat,” tandasnya.

Related Articles