Beranda Lalu Lintas Satlantas Polres Karanganyar Siapkan Rambu Petunjuk Jalan Jelang Arus Mudik

Satlantas Polres Karanganyar Siapkan Rambu Petunjuk Jalan Jelang Arus Mudik

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Tim gabungan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karanganyar memasang sejumlah rambu-rambu lalu lintas bantuan menjelang mudik Lebaran, Kamis (14/4) siang. Pasalnya, sudah banyak pemudik yang pulang kampung lebih awal dari lebaran.

Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo melalui Kasat Lantas AKP Yulianto, mengungkapkan, pemasangan rambu-rambu lalu lintas tersebut sengaja dilakukan di awal-awal bulan suci Ramadan. Lantaran sebelumnya banyak masyarakat yang memilih melakukan perjalan mudik lebih awal.

“Kami pasang sedini mungkin untuk mengantisipasi sejumlah pengendara atau pemudik yang melakukan perjalanan dari kota besar seperti jakarta menuju ke Jawa Timur. Atau daerah-daerah yang ada di eks Karesidenan Surakarta,” terang Kasat Lantas.

Kasat Lantas menjelaskan, beberapa lokasi yang dipasangi penambahan papan rambu-rambu penunjuk arah di antaranya jalur alternatif dan jalur wisata.

“Kebanyakan adalah jalur lingkar dan jalur-jalur exit tol. Kemudian jalur-jalur menuju ke wisata di Karanganyar. Karena banyak pengemudi yang sebelumnya tersesat atau sering nyasar akibat menggunakan aplikasi,” ungkapnya.

Kasat Lantas mengaku, masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait persiapan arus mudik Lebaran.

Pihaknya masih fokus penekanan angka kecelakaan dengan menggelar apel bersama dishub, dinas kesehatan (dinkes) serta Satpol PP Karanganyar.

“Ini sudah kami siapkan. Salah satunya menggelar apel personel dalam penekanan lalu lintas, baik untuk pengaturan arus. Kemudian mengurai kemacetan bahkan sampai dengan menekan angka kecelakaan,” ungkap AKP Yulianto.

Related Articles