Beranda Lalu Lintas Satlantas Polres Jepara Petakan Titik Rawan Macet Arus Mudik

Satlantas Polres Jepara Petakan Titik Rawan Macet Arus Mudik

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satlantas Polres Jepara mulai memetakan titik rawan macet jelang musim arus mudik Lebaran tahun ini. Ada tiga titik rawan kemacetan yang jadi perhatian Satlantas Polres Jepara, yaitu di ruas jalan kawasan industri Mayong, simpang Gotri, dan pasar tumpah di Pecangaan.

Kasatlantas Polres Jepara, AKP Raden Ade Triken, mengatakan penyebab kemacetan di tiga titik itu berbeda-beda. Di kawasan industri Mayong, macet disebabkan aktivitas masuk dan keluar pekerja pabrik. Kemacetan pasti terjadi pada jam pagi masuk kerja dan sore hingga malam saat pulang kerja.

“Kalau di Pecangaan itu, pasar. Meskipun jalur itu sudah satu arah, tapi aktivitas di depan pasar itu juga kerap menimbulkan kemacetan,” kata Triken, Jumat, 7 April 2023

Titik kemacetan lainnya, yaitu simpang Gotri. Kemacetan di simpang Gotri lantaran pertemuan kendaraan dari Semarang dan Kudus yang sama-sama mau masuk wilayah Jepara kota.

“Sebetulnya Jepara ini kan bukan jalur yang dilalui pemudik, tapi tujuan akhir pemudik dan tujuan wisata,” kata Triken.

Jalur-jalur alternatif untuk mengurai kemacetan pun telah disiapkan. Utamanya, jalur-jalur yang menuju dan keluar objek wisata pantai.

Pada musim mudik tahun ini, Triken memprediksi sebanyak 150 ribu warga Kota Ukir tiba di Jepara. Puncak kedatangan pemudik diperkirakan pada 20 April 2023.

“Prediksi kami bisa 100 sampai 150 ribu (pemudik). Mulai ramai nanti tanggal 16, tapi puncaknya di 20 dan 21 (April) karena cuti kan baru dimulai tanggal 19,” ujar Triken.

Related Articles