Beranda News Satlantas Polres Garut Sediakan Layanan Ambulans Gratis untuk Warga

Satlantas Polres Garut Sediakan Layanan Ambulans Gratis untuk Warga

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Selama ini masyarakat banyak yang mengalami kesulitan saat membutuhkan layanan mobil ambulance. Kalaupun ada, tak jarang mereka harus mengeluarkan biaya cukup besar sehingga sangat memberatkan.

Banyaknya keluhan warga yang sulit sekali mendapatkan layanan ambulance, direspon positif jajaran Polres Garut. Unit Gakum (Penegakkan Hukum) Satlantas Polres Garut pun menyediakan layanan ambulance gratis bagi warga yang membutuhkan. 

Kanit Gakum Satlantas Polres Garut, Iptu Priyo Sambodo, menyebutkan penyediaan layanan ambulance gratis ini untuk menjawab banyaknya keluhan masyarakat yang merasa sulit mendapatkan layanan ambulance ketika mereka membutuhkannya. 

Ini sebagai wujud kepedulian Polres Garut khususnya Unit Gakum Satlantas kepada masyarakat dengan harapan bisa membantu meringankan beban masyarakat khsusunya yang membutuhkan layanan ambulance.

“Prihatin juga terhadap masyarakat yang membutuhkan layanan ambulance tapi sulit untuk mendapatkannya. Makanya kami meluncurkan program layanan ambulance gratis untuk siapapun masyarakat yang membutuhkannya,” ujar Priyo, Rabu 7 Desember 2022.

Dikatakannya, ambulance gratis tersebut bisa digunakan ketika ada masyarakat yang dilanda musibah atau sakit dan hendak dibawa ke rumah sakit. Tak hanya itu, ambulance itu juga bisa digunakan untuk mengangkut jenazah dari rumah sakit ke rumah atau dari rumah ke tempat pemakaman. 

Selain gratis, Priyo menyebutkan jika untuk bisa mendapatkan layanan ambulance gratis itu, masyarakat dipastikan tidak perlu tepot karena prosesnya tidak berbelit-belit. 

Warga cukup datang langsung ke Unit Gakum atau Unit Laka Satlantas Polres Garut atau bisa juga dengan hanya menghubungi nomor telepon layanan Unit Laka.

Sejak diluncurkannya program kemanusiaan ini sejak awal November lalu, tutur Priyo, sudah ada beberapa warga yang memanfaatkan layanan ambulance gratis ini. Namun hingga saat ini jumlahnya memang belum begitu banyak karena mungkin masih banyak warga yang belum mengetahuinya. 

“Kemarin kita baru saja menjemput jenazah dari Perumahan Campaka Karangpawitan untuk kemudian dibawa dan dimakamkan di kawasan Tarogong. Ini bentuk dukungan dari Satlantas Polres Garut untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” katanya. 

Dadang (45), warga Perum Campaka, Kecamatan Karangpawitan, menyampaikan terimakasihnya kepada jajaran Satlantas Polres olres Garut. Dua hari yang lalu dirinya telah dibantu disediakan layanan ambulance gratis oleh pihak Satlantas Polres Garut. 

“Kemarin ayah saya meninggal di kawasan Perum Campaka, Karangpawitan tapi ia pernah wasiat ingin dimakamkan di kampung halamannya di kawasan Tarogong. Saat itu kami kesulitan mendapatkan ambulance untuk membawa jenazah almarhum ayah, untung ada ambulance dari Satlantas Polres Garut,”ucap Dadang. 

Diungkapkannya, awalnya ia tak mengetahui ada layanan ambulance gratis di Satlantas Polres Garut. Untung saat itu ada salah seorang tetangganya yang merupakan anggota Polri yang bertugas di Polres Garut yang memberitahu. 

Dengan difasilitasi anggota Polres Garut tersebut, imbuh Dadang, akhirnya ia bisa mendapatkan ambulance yang bisa digunakan untuk membawa jenazah almarhum ayahnya ke tempat pemakaman.

“Alhamdulillah, prosesnya sangat mudah dan gratis lagi. Program Satlantas Polres olres Garut ini sangat bermanfaat dan mudah-mudahan akan terus berjalan,” katanya.

Related Articles