Beranda Kegiatan Satlantas Polres Blitar Musnahkan Puluhan Knalpot Brong

Satlantas Polres Blitar Musnahkan Puluhan Knalpot Brong

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Akhir 2022 Polres Blitar memusnahkan puluhan knalpot brong yang telah disita. Total ada lebih dari 37 knalpot racing yang dipotong langsung oleh Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom bersama Bupati Blitar Rini Syarifah.

Pemusnahan ini dilakukan rangka cipta kondisi jelang perayaan tahun baru 2023. Polres Blitar tidak ingin suasana tahun baru di Kabupaten Blitar dirusak dengan suara knalpot yang bising dan tidak sesuai dengan standar.

Puluhan knalpot brong tersebut disita Satlantas Polres Blitar selama operasi cipta kondisi Natal dan tahun baru 2023.

“Hari ini kami musnahkan puluhan knalpot brong yang telah diamankan oleh Satlantas,” kata Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom, Sabtu (31/12/2022).

Polres Blitar berkomitmen untuk terus melakukan razia knalpot brong hingga perayaan malam tahun baru 2023 mendatang. Satlantas Polres Blitar juga akan melakukan penilangan terhadap pengendara yang kedapatan menggunakan knalpot brong saat pergantian malam tahun baru.

Tidak hanya itu, jika ditemukan pengendara yang menggunakan sepeda motor berknalpot racing maka Polres Blitar akan meminta pemilik kendaraan mengganti knalpotnya sesuai standar di lokasi tersebut. Hal itu dilakukan untuk memberi efek jera serta menjaga kondusifitas di malam perayaan tahun baru 2023.

Maka dari itu Satlantas Polres Blitar meminta masyarakat yang hendak merayakan malam pergantian tahun untuk menggunakan kendaraan yang sesuai dengan standar. Selain agar tidak menggangu suasana tahun baru, hal itu juga bertujuan untuk mencegah terjadi kecelakaan di saat lalulintas sedang ramai.

“Kalau nanti kedapatan menggunakan knalpot brong maka si pengendara akan kami tilang dan meminta pengendara tersebut mengganti knalpotnya sesuai standar,” kata Kasat Lantas Polres Blitar, AKP Kadek Aditya.

Lebih lanjut Polres Blitar juga telah melarang seluruh masyarakat untuk menggelar konvoi kendaraan, baik itu masyarakat umum ataupun perguruan silat. Penempatan sejumlah personel kepolisian di sejumlah titik rawan terjadinya konvoi dan kemacetan juga telah dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal tersebut.

Polres Blitar sendiri juga telah mendirikan pos pelayanan dan pengamanan malam tahun baru di alun-alun Kanigoro Kabupaten Blitar. Perayaan pergantian tahun di Kabupaten Blitar sendiri memang difokuskan di depan Halaman Pemkab Blitar atau yang dikenal dengan alun-alun Kabupaten Blitar.

“Kami melarang warga baik masyarakat umum atau perguruan silat untuk melakukan konvoi di malam tahun baru, itu demi menjaga kondusivitas situasi,” jelasnya.

Upaya untuk menciptakan kondusif situasi di malam pergantian tahun juga dilakukan Polres Blitar dengan cara memusnahkan ribuan botol minuman keras. Total ada sekitar 3 botol minuman keras yang dimusnahkan oleh Polres Blitar jelang perayaan tahun baru 2023.

Pemusnahan ini dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir persebaran minuman keras di malam pergantian tahun nant. Sehingga dengan begitu diharapkan kondusifitas lingkungan selama perayaan tahun baru 2023 bisa berlangsung.

Ribuan botol minuman keras itu, disita Polres Blitar dari sejumlah toko dan pengedar selama operasi cipta kondisi yang dimulai pada bulan November hingga Desember 2022 ini.

“Upaya lain kamu juga telah memusnahkan ribuan botol miras untuk menjaga kondusifitas dan terjadinya tindak pidana akibat miras selama tahun baru,” pungkas AKBP Adhitya Panji Anom.

Related Articles