Beranda Lalu Lintas Release dan Pemusnahan Knalpot Brong Hasil Operasi Keselamatan Digelar Satlantas Polres Rembang

Release dan Pemusnahan Knalpot Brong Hasil Operasi Keselamatan Digelar Satlantas Polres Rembang

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Polres Rembang gelar release dan pemusnahan knalpot tidak standar atau biasa disebut knalpot brong hasil operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 selama 14 hari mulai 7-20 Februari 2023.

“Selama kegiatan Ops Keselamatan Lalu Lintas candi 2023 tercatat ada sebanyak 3166 pelanggaran lalu lintas dan teguran sebanyak 534 dengan kategori pelanggaran yang tidak menggunakan knalpot standar sebanyak 123 pelanggaran.” ucap Kapolres Rembang AKBP Dandy Ario Yustiawan, melalui pesan tertulisnya Jum’at (24/2/2023).

Disebutkannya ada beberapa sasaran prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas. Meliputi balap liar, menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi dibawah umur, kendaraan yang tidak sesuai persyaratan teknis. Selain itu, pengemudi motor yang tidak menggunakan helm, pengemudi mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengemudi dengan pengaruh atau konsumsi alkohol, pelanggaran APILL, marka, rambu, lawan arus maupun parkir liar.

“Dari hasil kegiatan selama 2 Minggu atau 14 hari kita telah melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas sebanyak 3166, teguran sebanyak 534, dan knalpot tidak standar sebanyak 123 pelanggaran yang kita lakukan penindakan,” bebernya.

Lanjutnya, kepada seluruh pelanggaran tersebut dikenakan pasal 285 jo 106 ayat 3 UU LLAJ terkait kendaraan yang tidak sesuai dengan persyaratan teknis dan layak jalan (knalpot tidak standar, tidak dilengkapi spion, ban tidak standar, dan kelengkapan kendaraan lainnya).

Bagi para pelanggar, bisa mengambil kendaraannya dengan syarat membawa kelengkapan surat kendaraan dan kelengkapan standar motor lainnya. Seperti membawa knalpot standar, melengkapi dengan spion standar, dan bagian motor lainnya yang dianggap tak layak jalan.

“Untuk knalpot yang tidak standar kita undang pemilik kendaraannya untuk membawa yang standar dan knalpot yang tidak standar tadi kita copot lalu kita musnahkan,” terangnya.

Dalam kegiatan itu juga dihadirkan perwakilan dari pihak sekolah agar dapat menyampaikan informasi kegiatan hasil ops keselamatan lalu lintas candi 2023. Dengan harapan anak didik bisa lebih tertib berlalu lintas untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas).

Related Articles