Beranda Nasional Polwan Satlantas Polres Karanganyar Latihan Berkendara Motor Besar

Polwan Satlantas Polres Karanganyar Latihan Berkendara Motor Besar

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Disela-sela waktu setelah pelaksanaan apel Pagi Satlantas Polres Karanganyar memberikan pelatihan berkendara motor dinas dengan cc besar kepada Polwan dihalaman mako Satlantas Polres Karanganyar, Kamis (11/11/21).

Untuk kali ini pelatihan motor besar diberikan khusus untuk polwan yang berdinas di Fungsi Lalulintas, sebagai dasar pengenalan motor besar sebelum tehapan selanjutnya yaitu tahap professional.

KBO Satlantas Iptu Anggoro dan didampingi anggota Patwal Satlantas,memberikan materi pelatihan yakni mengenal bagian bagian dari Motor Besar, mengetahui cara pengecekan Fungsi masing masing bagian yaitu pengecekan ban, pengecekan rotator, pengecekan Bahan Bakar dan pengecekan Rem.

Keseimbangan motor terdiri dari 3 unsur, pertama balance di berbagai lintasan. Rider harus tahu cara menghadapi kondisi jalan yang naik-turun maupun lurus dan berliku, Kedua pergerakan saat motor kondisi menikung pelan maupun kencang, ketiga keseimbangan cara duduk yang benar pada saat duduk rider harus rileks mengikuti dinamika kendaraan.

Tenaga dan bobot motor. rider harus tahu tentang karakter tenaga motor, seperti di rpm berapa tenaga maksimalnya, jika pengendara memahami pasti bisa mengendalikan dengan baik, begitu juga dengan bobot, jangan sampai tak mengerti sehingga berakibat fatal.

“Dan yang wajib dipelajari adalah teknik mengerem, harus dipahami yang benar, rem diperlukan Ketika untuk memperlambat putaran roda atau menghentikan roda berhenti, dan perlu diingat bahwa apabila roda berhenti belum tentu motor ikut berhenti ini dibiasanya terjadi dikecepatan tinggi,” tutup Ipda Anggoro.

Related Articles