Beranda Nasional Sosialisasikan Keselamatan Berkendara, Satlantas Polres Sidrap Dapati Pelajar SMP yang Membawa Motor ke Sekolah

Sosialisasikan Keselamatan Berkendara, Satlantas Polres Sidrap Dapati Pelajar SMP yang Membawa Motor ke Sekolah

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Sidrap melaksanakan kegiatan penertiban lalulintas dan pendisiplinan protokol kesehatan, Kamis, 11 November 2021.

Kegiatan pendisiplinan lalulintas dan Prokes tersebut dilaksanakan di Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Pangkajene, Kecamatan Maritenggae, Sidrap.

Dalam kegiatan itu, sejumlah pelajar anak dibawah umur kedapatan mengendarai sepeda motor ke sekolah, bahkan sebagian tidak mengenakan masker.

Satlantas polres Sidrap melakukan kegiatan ini bukan tanpa alasan. Penindakan para pelajar di bawah umur saat mengendarai motor, untuk menekan angka kecelakaan. Pasalnya lakalantas rata-rata didominasi pelajar anak dibawah umur.

Disamping itu, juga saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19. Untuk itu, wajib disiplin Prokes saat beraktivitas diluar rumah, seperti pelajar.

Prokes tersebut yakni memakai masker, jaga jarak, jarin cuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir, serta tidak berkerumun.

“Ingat jaga diri kita, keluarga, maupun kerabat dari penyebaran virus Corona atau covid-19. Disamping itu, kamu juga ingatkan agar tetap mematuhi aturan berlalulintas,” ucap Kasat Lantas Polres Sidrap AKP Muh Thamrin.

Dia menyampaikan, langkah ini diambil seiring risiko pemotor di bawah umur, menyebabkan kecelakaan di jalan. Selain karyawan swasta, dominasi kecelakaan adalah melibatkan pelajar atau anak di bawah umur.

“Lebih dari 10 persen kecelakaan melibatkan pelajar. Pelajar menjadi penyumbang kecelakaan terbesar setelah karyawan swasta yang mencapai kisaran 86 persen hingga triwulan ke dua tahun 2019,” ungkapnya.

AKP Muh Thamrin menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan adanya kesepakatan bersama dengan Pemerintah Setempat Bupati Sidrap, Kapolres Sidrap, Dispendik serta Kepala sekolah tingkat SMP di Kabupaten Sidrap untuk upaya sosialisasi kepada pelajar terkait tertib lalulintas dan disiplin Prokes.

Related Articles