Beranda Kegiatan Polda Jateng Siapkan 18 Ribu Personel Pengamanan Nataru

Polda Jateng Siapkan 18 Ribu Personel Pengamanan Nataru

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Wakapolda Jateng Brigjen Abiyoso Seno Aji menyebut dalam pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) akan ada 18.145 personel gabungan. Personel tersebut akan mengamankan gereja dan objek keramaian lainnya saat Nataru.

“Kami dari Jawa Tengah kemudian dibantu oleh kawan-kawan TNI begitu pun stakeholder yang ada di Jateng ini telah menyiapkan personel yang sebegitu banyaknya total keseluruhan ada 18.145,” kata Abiyoso saat rapat Forkopimda Jateng di Gedung Gradika, Jalan Pahlawan, Semarang, Selasa (20/12/2022).

Selama Nataru, akan ada ratusan posko dengan rincian 12 pos terpadu, 52 pos pelayanan, dan 219 pos pengamanan. Pihaknya juga akan menjaga agar perayaan ibadah Natal berjalan dengan aman.

“Kami harus dapat pastikan bahwa gereja-gereja saat merayakan Natal harus benar-benar aman yang akan diawali kegiatan sterilisasi jangan sampai ada hal-hal yang mengganggu pelaksanaan ibadah Natal,” jelasnya.

Berbagai tempat seperti terminal, pelabuhan, bandara, dan jalan baik tol maupun non-tol. Selain itu, tempat wisata juga akan menjadi fokus pengamanan.

“Nanti perayaan tahun baru, pusat-pusat keramaian ini juga akan menjadi fokus perhatian kita bersama tempat-tempat wisata,” lanjutnya.

Hal itu, menurut Abi, merupakan rangkaian Operasi Lilin 2022 Polda Jateng. Operasi tersebut akan digelar selama 11 hari mulai dari 23 Desember.

Abi juga menjelaskan sebelum itu Polda Jateng sudah melakukan langkah-langkah peningkatan keamanan untuk menjamin keamanan masyarakat. Tak hanya itu, personel gabungan juga akan disiagakan untuk mengurai arus lalu lintas apabila ke depan terjadi kemacetan.

“Manakala terjadi penumpukan lalu lintas apakah di tol, apakah di Pantura, dan seterusnya, maka Bapak Direktur Lalu Lintas (Polda Jateng) pun telah menyiapkan dalam rangka untuk mengurai kepadatan ataupun kemacetan lalu lintas,” katanya.

“Tujuannya adalah tidak lain dan tidak bukan untuk memastikan, untuk memberikan jaminan keamanan, begitu pun keselamatan kepada seluruh warga kita, masyarakat kita baik yang merayakan Natal begitu pun yang menyambut perayaan Tahun Baru 2022 menuju ke 2023,” pungkasnya.

Related Articles