Beranda Lalu Lintas Pasca Longsor, Lalu Lintas Padang-Solok Kini Kembali Normal

Pasca Longsor, Lalu Lintas Padang-Solok Kini Kembali Normal

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Pasca longsor yang terjadi di Lubuak Paraku, Padang, pada Sabtu (20/8/2022), arus lalu lintas dari Padang ke Solok dan sebaliknya, kembali lancar.

Kasat Lantas Polres Arosuka Solok AKP Dian Jumes Putra menyebutkan arus lalu lintas (lalin) kendaraan mulai lancar dari kedua arah, baik dari Kota Padang maupun Solok pada pukul 21.15 WIB malam ini, Sabtu 20 Agustus 2022.

“Dari laporan anggota yang melakukan pengaturan di perbatasan Solok dengan Kota Padang malam ini arus lalin kendaraan mulai terpantau lancar,” ujar AKP Dian Jumes Putra.

Pihaknya juga senantiasa mengimbau pengguna jalan raya untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Satlantas Polres Arosuka Solok melakukan penyetopan kendaran di Simpang Lubuk Selasih dan titik lainnya.

Hal itu dilakukan karena pekerjaan pembersihan material longsor yang terjadi di empat titik di ruas jalan Padang – Solok tepatnya di Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Saat itu, pihaknya menyarankan kepada pengendara untuk sementara waktu mencari tempat parkir atau warung karena lokasi longsor ada 4 titik.

Sehingga memakan waktu lama untuk pengerjaan. Dan juga kita sampaikan untuk bisa melalui via Singkarak-Padang Panjang- Padang.

Pihaknya bakal tetap melakukan koordinasi dengan jajaran Satlantas Polresta Padang terkait kondisi jalur jika sudah bisa dilalui.

“Ada sebagian pengendara tetap bersabar menunggu. Ada juga yang melewati jalur via Singkarak,” sebutnya.

Sebelumnya, dua unit bangunan rumah warga mengalami rusak berat akibat longsor yang terjadi di jalan Padang – Solok sekitar pukul 14.00 WIB tepatnya di kelurahan Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, Sabtu 20 Agustus 2022.

Kapolsek Lubuk Kilangan AKP Lija Nesmon mengatakan dua unit rumah yang mengalami rusak berat milik Yanti Chaniago (50) dan rumah milik Gushendri (23) berlokasi di Sikayan Pondok Bambu RT 001 RW 012 kelurahan Indarung.

“Kemudian di Sikayan Rasak Bungo Air Baling RT 001 RW 012 juga terdapat dua titik longsor, material longsor menutup seluruh badan jalan sehingga tidak bisa dialui oleh kendaraan baik dari arah Solok maupun dari arah Padang,” ujar Liza Nesmon.

Selanjutnya, kata AKP Lija Nesmon, longsor terjadi di Aia Janjang Kelok Tunggua kelurahan Indarung.

“Material longsor memenuhi badan jalan, saat ini sedang dilakukan pembersihan material longsor oleh Dinas Pekerjaan Umum,” tambahnya.

Menurutnya, longsor berawal ketika hujan mengguyur sejak pukul 11.00 WIB dan pada pukul 14.00 WIB mengakibatkan longsor terjadi di beberapa titik.

“Personil Polsek Lubuk Kilangan mendangi lokasi longsor dan langsung melakukan pembersihan material longsor dengan peralatan seadanya, selanjutnya menghubungi BPBD Kota Padang dan PT Semen Padang untuk meminta bantuan alat berat,” katanya.

Dan pada pukul 16.00 WIB satu unit alat berat sampai dilokasi untuk melakukan pembersihan longsoran di Sikayan Rasak Bungo Air Baling RT 001 RW 012 Kel. Indarung Kec. Lubuk Kilangan Kota Padang.

Related Articles