Beranda Lalu Lintas Longsor di Jalan Enrekang-Toraja, Satlantas Gelar Buka Tutup Lalu Lintas

Longsor di Jalan Enrekang-Toraja, Satlantas Gelar Buka Tutup Lalu Lintas

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Jalan Poros Enrekang-Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) amblas akibat longsor. Akibatnya, arus lalu lintas (lalin) tersendat dan menyebabkan kemacetan hingga 3 kilometer.

Pantauan  di Jalan Poros Enrekang-Toraja, Desa Mendatte, Kecamatan Anggeraja, Enrekang, Rabu (21/12/2022). Tampak jalanan amblas pada satu sisi badan jalan. Kondisi ini mengakibatkan antrean kendaraan hingga 3 kilometer.

Kendaraan juga melaju pelan saat berada di jalan tersebut. Di sisi jalan tersebut, terlihat satu alat berat beroperasi mengangkat material tanah.

Terlihat pula sebuah papan pengumuman di pinggir jalan yang mengingatkan pengendara berhati-hati karena ada perbaikan jalan.

“Mau merayakan Natal di Toraja Utara bersama keluarga. Sudah 1 jam kami antre tapi belum lolos karena jalan amblas,” kata salah seorang pemudik asal Makassar, Jony dalam keterangannya, Rabu (21/12).

Jony mengungkapkan, dirinya bersama keluarganya memilih jalur darat karena lebih cepat. Namun kata dia, saat memasuki Kabupaten Enrekang beberapa akses Jalan Poros Trans Sulawesi banyak yang rusak parah.

“Kami tidak tahu kalau keadaannya seperti ini, karena kami anggap bagus jalan. Ternyata banyak yang rusak parah, ada yang amblas sampai kita tertahan berjam-jam di sini,” ungkapnya.

Sementara Kasat Lantas Enrekang Iptu Ibrahim membenarkan adanya gangguan lalulintas terjadi di Jalan Poros Enrekang-Toraja diakibatkan 1 sisi badan jalan yang ambles.

“Iya betul, anggota kami sudah berada di lokasi untuk mengatur lalulintas. Memang terjadi penumpukan kendaraan di sana,” ujar Ibrahim.

Ibrahim mengatakan, pihaknya sudah menurunkan petugas di lokasi. Petugas menerapkan sistem buka-tutup agar arus lalu lintas tetap berjalan.

Dia pun mengimbau pengguna jalan agar berhati-hati saat melalu jalur Poros Enrekang-Toraja.

“Kita terapkan sistem buka tutup, jadi bergantian agar lalulintas tetap berjalan. Para pengguna jalan agar kiranya tetap berhati-hati saat memasuki Enrekang menuju Toraja. Tetap utamakan keselamatan dalam berkendara,” tandasnya.

Related Articles