Beranda Headlines Korlantas Polri Resmikan Kampung Tertib Lalu Lintas di Kuningan, Jawa Barat

Korlantas Polri Resmikan Kampung Tertib Lalu Lintas di Kuningan, Jawa Barat

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Korlantas Polri resmi melaunching kampung tertib lalu lintas di wilayah hukum Polres Kuningan, Polda Jabar. Adapun lokasi yang menjadi kampung tertib lalu lintas berada di Desa Padarek, Kuningan.

Kasubdit Dikmas Dit Kamsel Korlantas Polri, Kombes Pol Arman Achdiat dalam keterangan persnya, Selasa (13/9/2022), mengakui, jika program kampung tertib lalu lintas merupakan salah satu program korlantas polri yang sudah berjalan lama. Yakni melakukan penilaian terhadap sebuah wilayah karena memiliki kampung yang tertib berlalu lintas.

“Program ini sudah kita canangkan sejak tahun 2015, namun karena adanya pandemi jadi sedikit tertunda. Sehingga mulai tahun ini hingga selanjutnya, kita melakukan penilaian di seluruh wilayah Indonesia,” ucapnya.

Pihaknya menyebut, jika saat ini sudah ada sebanyak 50 kampung tertib lalu lintas di seluruh tanah air. Bahkan sebanyak 17 kampus tertib lalu lintas di antaranya telah melalui proses penilaian.

“Kemudian sisanya setiap tahun dari program ini akan kita laksanakan. Jadi ada parameternya ketika kita menilai kampung yang tertib berlalu lintas, sudah kita siapkan dan diserahkan kepada semua wilayah untuk menjadi dasar dalam membentuk kampung tertib lalu lintas,” ungkapnya.

Menurutnya, penilaian paling tinggi yang akan diberikan bagi kampung tertib lalu lintas, yakni yang langsung diinisiasi oleh masyarakat setempat. Sehingga membuat suatu kawasan tertib lalu lintas di kampung sendiri.

Kapolres Kuningan, AKBP Dhany Aryanda sangat mendukung, langkah yang dilakukan oleh korlantas polri dan pemerintah daerah. Salah satunya yakni mengenai kawasan yang sadar dan tertib dalam berlalu lintas.

“Sebab kita tahu, angka kecelakaan cukup tinggi ini bukan saja menjadi perhatian nasional bahkan internasional. Sehingga diwajibkan bagi setiap negara, untuk mempunyai sistem dalam mengatasi dan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas,” imbuhnya.

“Maka salah satunya melalui program kampung tertib lalu lintas. Kita sendiri di Kuningan sudah ada 2 yakni di Desa Linggaindah dan Desa Padarek,” sebutnya.

Pihaknya berharap, melalui program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar tertib berlalu lintas. Sehingga jika sedini mungkin sudah diberi pemahaman dalam aturan berlalu lintas, maka dapat mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

Related Articles