Beranda Nasional Kapolri Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Ribuan Mahasiswa di Kampus UI

Kapolri Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Ribuan Mahasiswa di Kampus UI

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Kapolri Jend. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi untuk mahasiswa di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Kamis (12/8).

Vaksinasi untuk mahasiswa Jabodetabek ini digelar di Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia (SVMI) di Sarana Olah Raga (SOR) Kampus UI Depok, Jawa Barat.

Jenderal Sigit mengapresiasi kerja sama UI dan SVMI dalam menyediakan akses vaksinasi bagi mahasiswa. Mahasiswa tentu menjadi elemen penting dalam perjuangan melawan corona.

“Banyak program yang dilakukan Pemerintah untuk menahan/mencegah laju pertambahan kasus Covid-19, yaitu 3 hal yang perlu dilakukan. Pertama, melaksanakan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Kedua, memperkuat 3T ( tracing, testing, dan treatment ). Langkah ketiga adalah percepatan vaksinasi, untuk meningkatkan daya tahan terhadap Covid-19 dalam rangka mencapai herd immunity,” ujar Kapolri dalam siaran pers UI, Kamis (12/8).

Ia menyampaikan, diperlukan adanya kerja sama dan sinergitas dari semua elemen untuk bersatu mendukung pemerintah mengatasi penanggulangan Covid-19. Ini merupakan bagian dari upaya memenuhi target pemerintah 2 juta vaksinasi per hari.

“Seluruh elemen bangsa bersatu untuk melawan Covid-19. Hilangkan sementara ini perbedaan-perbedaan yang ada. Kita segera maju untuk Indonesia bangkit” ujar Kapolri, yang juga alumni UI.

Sementara, Wakil Rektor Universitas Indonesia (UI) Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, mengatakan, UI menjadi bagian tak terpisahkan dari penta helix penanganan corona. Tentu dengan membuka kolaborasi seluas-luasnya dengan berbagai elemen masyarakat.

“Tujuan utama sentra vaksin ini adalah salah satu upaya UI mengurangi transmisi/penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai herd immunity, serta melindungi masyarakat agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi,” ujar Prof. Haris.

Haris berharap kegiatan pemberian vaksin dapat mengakselerasi kapasitas jumlah masyarakat yang mengikuti vaksinasi, dalam rangka mendorong percepatan pemulihan sektor kesehatan dan ekonomi di masa post Covid-19.

SVMI telah dilaksanakan sebanyak 3 batch, dimulai pada tanggal 21-23 Juli 2021 (untuk batch 1), 28-30 Juli 2021 (batch 2), dan batch ke-3 tanggal 5-31 Agustus 2021 dengan total akumulasi target penerima vaksin sebanyak 25.000 orang. Pada batch 1 dan batch 2, SVMI telah melaksanakan sebanyak 2.279 orang tervaksin. Sedangkan untuk batch 3, selama empat hari pelaksanaan vaksinasi sampai dengan tanggal 11 Agustus 2021 sebanyak 3.300 orang sudah menerima vaksin.

Pelaksanaan vaksinasi di SVMI didukung oleh 120 orang tenaga kesehatan dari Klinik Satelit UI Makara dan relawan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM); 15 orang tenaga kesehatan dari RSAU dr. Esnawan Antariksa, Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) I, dan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas); dan Polri juga ikut menurunkan 10 orang tenaga vaksinator, 500 dosis vaksin Sinovac, dan memberikan bantuan sosial berupa 3.200 paket sembako untuk peserta vaksin.

Selain mahasiswa UI, SVMI terbuka bagi mahasiswa se-Jabodetabek dan masyarakat umum yang berusia 12 tahun ke atas, memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan/atau ber-KTP Indonesia. Para peserta yang akan mengikuti program ini dapat mendaftar melalui reservasi.ehealth.co.id/kliniksatelitui.ciptaan.

Related Articles