Beranda Headlines Kapolri Hargai Kebebasan Berekspresi

Kapolri Hargai Kebebasan Berekspresi

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Polri hari ini melaksanakan kegiatan lomba orasi di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (10/12). Diketahui, lomba tersebut berbarengan dengan peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia yang jatuh pada 10 Desember.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Polri sangat menghargai setiap elemen masyarakat dalam memberikan ruang untuk menyampaikan pendapat di muka umum.

“Kami Polri sangat menghargai kebebasan berekspresi, kebebasan berpendapat yang memang merupakan bagian dari harus kita amankan karena itu memang bagian dari hak asasi manusia yang diberikan perlindungan secara universal dan juga diatur dalam UUD dan UU,” kata Sigit kepada wartawan, Jumat (10/12).

Dirinya mengakui selama ini polisi yang bertugas di lapangan sering mengalami perbedaan dengan masa aksi karena dianggapnya akan berisiko mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Tentunya hal ini yang kemudian kita akan edukasi, kita berdayakan sehingga pada saat masyarakat melaksanakan kebebasan ekspresinya salah satunya adalah unjuk rasa atau demo tetap bisa berjalan dengan baik,” tambahnya.

Sigit menegaskan ke depannya akan menjaga kegiatan penyampaian pendapat di muka umum agar tidak disusupi oleh kepentingan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan.

“Namun ada satu hal yang harus kita jaga adalah bagaimana kemudian kegiatan tersebut tidak ditunggangi oleh kepentingan-kepentingan yang akan mengarah pada hal-hal yang mengganggu stabilitas keamanan,” tegasnya.

Untuk itu, dari gelaran lomba orasi tersebut diharapkan dapat menjadi sarana edukasi kepada masyarakat dalam menyampaikan pendapat dan Polri tentunya juga akan melindungi hak masyarakat tersebut.

“Hal-hal tersebut yang tentunya menjadi edukasi yang secara bertahap kita harus sosialisasikan, karena memang harus ada titik temu sehingga kemudian sama-sama dipahami,” pungkasnya.

Related Articles