Beranda Lalu Lintas Jelang Arus Mudik, Jalur Kebumen-Bantul Masih Terlihat Rusak

Jelang Arus Mudik, Jalur Kebumen-Bantul Masih Terlihat Rusak

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Sepekan jelang lebaran, jalur lintas selatan di jalan Daendels Galur Kabupaten kulonprogo Yogyakarta masih rusak parah, Minggu 24 April 2022. Puluhan lubang menghiasi jalan penghubung dari Kebumen Jawa Tengah menuju Bantul Yogyakarta dan sangat membahayakan pengguna jalan.

Lobang menganga dengan kedalaman bervariasi menghiasi sepanjang jalan alternatif bagi pemudik yang melintasi jalur pantai selatan (Pansela) mulai dari Kebumen Jawa Tengah hingga menuju Bantul Yogyakarta, dan arah sebaliknya.

Agar tidak terperosok, banyak kendaraan yang menghindari lobang dengan mengambil jalur lawan arah yang bisa membahayakan pengguna jalan dari arah berlawanan. Jalur mudik lintas selatan ini menjadi jalur alternatif warga untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas saat mudik di jalur utama Purworejo-Yogyakarta maupun arah sebaliknya.

Meski memiliki lajur yang cukup luas, namun jalur mudik Pansela ini selain mengalami kerusakan juga minim penerangan yang perlu diwaspadai para pemudik yang akan menggunakan jalur ini. Ungkap AKP Antonius Purwanta, Kasatlantas Polres Kulonprogo.

Proses perbaikan jalur mudik ini masih terus dilakukan di sejumlah titik di Kulonprogo. Salah satunya di jalur utama jalan Yogyakarta-Wates, yakni di daerah Sentolo, Simpang Tambak hingga perbatasan Purworejo sepanjang 20 kilometer. Jalur tengah sekitar 1 kilometer di jalur Buk Begal hingga Cangakan juga mulai diperbaiki.

Ditargetkan seluruh jalur mudik di Kabupaten Kulonprogo akan selesai diperbaiki dalam beberapa hari ke depan. Sehingga saat arus mudik, seluruh jalur mudik siap digunakan para pemudik.

Related Articles