Beranda Kegiatan Isi Kuliah Umum Taruna Akpol, Dirlantas Polda Jateng Sosialisasikan Program ETLE Nasional Presisi

Isi Kuliah Umum Taruna Akpol, Dirlantas Polda Jateng Sosialisasikan Program ETLE Nasional Presisi

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Drs. Agus Suryo Nugroho SH., M.Hum. memberikan kuliah umum dan sosialisasi Program ETLE kepada Taruna Taruni Akademi Kepolisian TK. I, II, III, Tahun 2022 dan dibagi dalam 3 (tiga) sesi.

Sesi pertama oleh Bapak Dirlantas Polda Jateng kepada taruna taruni TK III Angkatan 54 Batalyon Promoter.

Adapun materi yang disampaikan Dirlantas Polda Jateng di antaranya terkait tugas dan fungsi pokok lalu lintas, Sosialisasi Program ETLE serta motivasi kepada Taruna Taruni Akpol.

Dalam paparannya ETLE merupakan salah satu penjabaran program Presisi yang dicanangkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. kehadiran tilang elektronik nasional ditujukan untuk meningkatkan program keamanan dan keselamatan masyarakat di jalan raya juga upaya penegakan hukum yang transparan lewat ETLE dapat mencegah penyalahgunaan wewenang sekaligus pemanfaatan teknologi informasi dalam menangani pelanggaran lalu lintas.

“Dalam penerapan ETLE, setiap petugas menindak menggunakan sarana teknologi, jadi tidak bersentuhan langsung dengan pelanggar. Ini efektif untuk menghindari pungli di lapangan dan akuntabel,” kata Dirlantas.

Penggunaan ETLE juga sudah terpasang di semua polres Jajaran polda Jateng, jadi semua pergerakan arus kendaraan akan termonitor melalui layar monitoring di Ditlantas .

“Terkait pelaksanaan ETLE sendiri, kunci keberhasilan dalan law inforcemen adalah Integrated system yaitu ETLE berupa data Screenshoot terintegrasi dengan data base ETLE Presisi Nasional serta terintegrasi pula dengan jasa pengiriman serta verifikasi dan persetujuan pelanggar akan di sertai akun dari Briva untuk melakukan pembayaran,” ungkap Kombes Agus yang juga menjadi inisiator aplikasi Go Sigap ini.

Masyarakat tidak perlu datang ke kantor polisi, langsung bisa pembayaran melalalui Briva. Menurut Dirlantas, maksimalnya penindakan lewat ETLE di Jateng menjadi perhatian beberapa Polda lain di Indonesia.

Related Articles