Beranda Lalu Lintas Mulai Hari Ini, Berikut Tujuh Ruas Tol Yang Diberlakukan ETLE

Mulai Hari Ini, Berikut Tujuh Ruas Tol Yang Diberlakukan ETLE

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Polda Metro Jaya mulai menerapkan tilang pada pengemudi yang berkendara melebihi batas kecepatan di jalan tol hari ini, Jumat, 1 April 2022.

Untuk diketahui, pengemudi bakal ditilang apabila mengendarai kendaraan di dalam tol dengan kecepatan di atas 100 kilometer per jam.

Selain pelanggar batas kecepatan, tilang juga bakal diberlakukan kepada pengemudi yang membawa barang melebihi muatan di jalan tol.

Terkait penindakan pelanggar di jalan tol yang ada di luar wilayah hukum Polda Metro Jaya, surat tilang akan dikirimkan oleh polda lain.

“Ini sudah terintegrasi dengan sistem ETLE nasional. Surat konfirmasi bisa kami kirim melalui polda setempat lalu dikirimkan ke alamat. Kami sudah terintegrasi dengan database nasional dan sistem yang terintegrasi dengan ETLE nasional presisi,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Adapun penindakan kedua pelanggaran tersebut sebelumnya telah disosialisasikan kepada masyarakat selama satu bulan, terhitung sejak 1-31 Maret 2022.

Dengan demikian, pengemudi dapat diberikan sanksi tilang apabila kendaraan yang dikemudikan melebihi batas kecepatan 100 kilometer per jam. Aturan batas kecepatan untuk kendaraan itu dapat dilihat di dalam rambu jalan tol ke luar atau masuk Jakarta.

Berikut daftar tol yang memberlakukan tilang elektronik terkait batas kecepatan maksimal dan kelebihan kapasitas muatan kendaraan.

Daftar tol yang batasi kecepatan maksimal 100 km/jam:

Tol Jakarta-Cikampek

Tol Jakarta-Cikampek

Tol Layang MBZ

Tol Sedyatmo

Tol Dalam Kota

Tol Kunciran-Cengkareng

Daftar tol yang batasi kapasitas muatan:

Tol Jakarta Outing Ring Road (JORR)

Tol Jakarta-Tangerang

Related Articles