Beranda Nasional Inovasi Terbaru Polres Cimahi Gunakan Camera Elektronik untuk Cek Fisik Kendaraan

Inovasi Terbaru Polres Cimahi Gunakan Camera Elektronik untuk Cek Fisik Kendaraan

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Pelayanan cek fisik kendaraan di wilayah hukum Polres Cimahi tak akan lagi dilakukan secara manual, tetapi bakal menggunakan inovasi baru dengan sistem elektronik memakai kamera.

Penerapan cek fisik kendaraan dengan menggunakan sistem elektronik itu untuk memudahkan pengawasan dan pengecekan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto mengatakan, dengan menggunakan sistem elektronik itu, nantinya proses identifikasi kendaraan melalui cek fisik bakal menjadi lebih valid.

“Jadi yang tadinya cek fisik manual, tapi sekarang bakal menggunakan eletronik memakai kamera, kemudian ada uji emisi, lampu, dan fungsi pengereman,” ujarnya saat dihubungi, Minggu (28/8/2022).

Dengan inovasi tersebut, kata Sudirianto, selain bisa mengidentifikasi cek fisik, pihaknya juga bisa melihat layak atau tidak layaknya kendaraan untuk beroperasi di jalan.

“Adanya alat ujicoba cek fisik elektronik yang diadakan oleh Korlantas Polri di Polres Cimahi ini membantu kami dalam proses validasi berupa cek fisik kendaraan secara elektronik,” kata Sudirianto.

Ia mengatakan, dengan adanya cek fisik dengan sistem elektronik tersebut, pihaknya tengah melaksanakan transisi pemindahan lokasi cek fisik dari Samsat di Cimahi dan Bandung Barat ke Mapolres Polres Cimahi.

“Betul, akan ada masa transisi pemindahan uji cek fisik kendaraan khusus proses mutasi masuk mulai Senin. Pelaksanaan cek fisik untuk proses mutasi masuk akan dipindahkan ke gedung BPKB Polres Cimahi,” ucapnya.

Pemindahan itu, kata Sudirianto, karena Polres Cimahi menjadi salah satu percontohan pelayanan di gedung baru Prototype BPKB berikut dengan gedung pelayanan cek fisik elektronik.

Ia mengatakan, dengan adanya inovasi baru dan transisi pemindahan lokasi fisik tersebut, masyarakat tidak perlu khawatir karena pelayanan identifikasi kendaraan tetap akan berjalan seperti biasanya.

“Kami meminta bagi pemilik kendaraan harus maklum atas ketidaknyamanan selama masa transisi pemindahan cek fisik dari Samsat ke Polres Cimahi tersebut,” ujar Sudirianto.

Tujuan dari upaya itu, kata dia, untuk mengakuratkan data kendaraan melalui cek fisik kendaraan yang dilakukan oleh Satlantas Polres Cimahi dengan sistem elektronik.

“Jadi untuk masa transisi, tahap awal hanya dilaksanakan untuk proses mutasi masuk,” katanya.

Related Articles