Beranda Lalu Lintas Ingat!!! Besok Satlantas Polres Palopo Bakal Gelar Operasi Keselamatan 2022

Ingat!!! Besok Satlantas Polres Palopo Bakal Gelar Operasi Keselamatan 2022

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Palopo, akan mulai menggelar Operasi Keselamatan, Selasa 1 Maret 2022 besok. Operasi ini digelar secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Operasi ini akan berlangsung selama dua pekan, dimulai 1 Maret 2022 hingga 14 Maret 2022 mendatang.

Demikian dikatakan Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Palopo, AKP Suryanto kepada awak media. Ia menyebut pada operasi keselamatan kali ini, mengutamakan upaya pre-emptif, preventif dan represif.

Upaya pre-emptif berupa teguran, sedangkan upaya preventif berupa pengendalian dan pengawasan, serta represif berupa penindaklanjutan dan penegakan.

Adapun sasarannya diantaranya pengendara di bawah umur. Kedua, pengendara tak pakai helm. Kemudian ketiga, pengemudi dalam keadaan mabuk. Keempat, pengemudi roda empat tak pakai safety belt. Keenam, pengemudi dengan kecepatan di atas batas maksimum. Ketujuh, pengemudi melawan arus. Dan kedelapan, kendaraan over dimensi dan over load.

“Termasuk juga TNKB yang tidak sesuai spekte, apakah dia pakai plat luar atau plat gantung, atau pakai plat yang tidak dikeluarkan oleh Samsat, itu juga kita akan tindak,” ucap Suryanto.

Adapun tujuan Operasi Keselamatan 2022 ini, untuk mendisiplinkan masyarakat dalam berlalulintas. Serta mengurangi angka pelanggaran dan menimimalisir angka kecelakaan.

“Selain itu, kita juga tetap mengimbau penerapan prokes dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Operasi ini juga digelar sebagai pendahuluan sebelum Operasi Ketupat Jaya dimulai pada musim mudik Lebaran.

AKP Suryanto mengatakan, pihaknya melibatkan sedikitnya 80 personel gabungan. “Sekitar 80 personel gabungan, dan leading sektornya di personel lalulintas,” imbuhnya.

Related Articles