Beranda Kegiatan Hadiri Wisuda Prajurit TNI-Polri, Ini Pesan Kapolri kepada Perwira Muda

Hadiri Wisuda Prajurit TNI-Polri, Ini Pesan Kapolri kepada Perwira Muda

oleh Redaksi NTMC

KORLANTASPOLRI – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadir langsung dalam prosesi wisuda 1.234 Prajurit Bhayangkara Taruna (Prabhatar) Akademi TNI dan Akademi Kepolisian (Akpol) yang dinyatakan lulus mengikuti Pendidikan Integratif Kemitraan Akademi TNI-Akpol 2023.

Di depan ribuan taruna dan taruni, Panglima TNI Dan Kapolri berpesan agar memperkokoh sinergitas dan soliditas TNI-Polri untuk mempererat kebhinekaan.

Panglima TNI juga mengucapkan selamat atas keberhasilan prajurit taruna taruni Akademi TNI dan Bhayangkara taruna dan taruni telah menyelesaikan pendidikan di Resimen Chandradimuka, Akademi TNI Magelang, selama empat bulan.

“Dalam kurun waktu empat bulan mengenyam pendidikan tersebut, saya berharap akan tumbuh ikatan persaudaraan dan jiwa korsa yang sangat erat,” ucap Jenderal Agus Subiyanto di hadapan ribuan taruna dan taruni di Lapangan Sapta Marga, Kompleks Akademi Militer, Magelang, Selasa (28/11/2023).

Termasuk mewaspadai bentuk-bentuk dan upaya untuk memecah belah soliditas TNI-Polri. Terlebih dalam kehidupan bermasyarakat.

Dia menegaskan, TNI dan Polri harus mampu membangun kredibilitas dan integrasi dalam mengawal keutuhan bangsa dan negara. Utamanya menjaga netralitas dan tetap berkonsentrasi pada fungsi pertahanan serta keamanan.

Agus berpesan, wisuda ini bukan akhir dari perjuangan. Tapi awal dari upaya pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Setelah ini, kalian akan melanjutkan pendidikan yang lebih menuntut perhatian, konsentrasi dan kesiapan mental dan fisik. Serta komitmen dalam menyerap seluruh ilmu dan menguasai berbagai kemampuan,” katanya.

Ia menyampaikan, keberhasilan yang berhasil diraih seharusnya menjadi modal dasar dalam mengatasi berbagai tantangan yang akan dihadapi nanti.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, Pendidikan Integratif Kemitraan Akademi TNI-Akpol ini merupakan tahap awal pendidikan pembentukan para taruna dalam satu wadah, yakni Resimen Chandradimuka.

Dia menambahkan, pendidikan bersama ini juga merupakan wujud komitmen TNI-Polri untuk menjalin sinergitas dan soliditas sejak dini. Hal itu dirasa penting karena TNI-Polri merupakan garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara.

Untuk itu, ia mengatakan, sinergitas dan soliditas TNI-Polri harus senantiasa diperkokoh guna menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa. Termasuk meningkatkan komunikasi, interaksi, dan bekerja sama untuk memecahkan masalah bersama.

Sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo bahwa TNI dan Polri harus terus meningkatkan sinergitas meningkatkan komunikasi dan interaksi. Sering bekerja sama untuk memecahkan masalah bersama.

“Saya berharap pendidikan dasar integrasi kemitraan ini mampu menjadi perekat ikatan emosional di antara para taruna, sehingga dapat terus bersinergi dan menjadi teladan bagi masyarakat dalam mempererat kebhinekaan.

Prajurit yang lulus itu terdiri atas 535 Prajurit Taruna (Pratar) Akademi Militer (Akmil), 240 Pratar Akademi Angkatan Laut (AAL), 155 Pratar Akademi Angkatan Udara (AAU), 300 Bhayangkara Taruna (Bhatar) Akpol, dan empat taruna Republik Demokratik Timor Leste. Beberapa di antaranya mendapat predikat sebagai lulusan terbaik.

Related Articles