Beranda Kegiatan Gubernur dan Kapolda Bali Tinjau Tiga Lokasi Bencana di Tabanan

Gubernur dan Kapolda Bali Tinjau Tiga Lokasi Bencana di Tabanan

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Kapolda Bali, Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., bersama Gubernur Bali, Wayan Koster didampingi Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya dan Anggota DPD RI Dapil Bali Anak Agung Gde Agung meninjau lokasi terdampak bencana di Kabupaten Tabanan pada, Rabu (19/10/22).

Lokasi bencana di Kabupaten Tabanan yang ditinjau diantaranya Pura Campuhan di Banjar Ganter, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri yang dalam kondisi hancur akibat terjangan banjir bandang dari aliran Sungai Yeh Sungi pada, Senin 17 Oktober lalu.

Banjir juga menghantam infrastruktur Jalan dan Jembatan di Banjar Cau, Desa Tua, Kecamatan Marga hingga menyebabkan akses terputus. Kediaman I Made Gerindem di Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga dalam kondisi tembok penyengker dan tugu roboh akibat hantaman banjir bandang.

Gubernur Bali mengatakan akan menjamin pasokan kebutuhan pokok sehari-hari bagi warga yang terdampak banjir, seperti makanan, air bersih, obat-obatan, serta menyiapkan tempat pengungsian sebagai penanganan awal jangka pendek.

“Jadi penanganan sosial bagi korban terdampak bencana menjadi prioritas utama kami secara jangka pendek,” ujar Gubernur Bali usai melakukan peninjauan di 3 lokasi terdampak bencana.

Untuk penanganan jangka panjang, Gubernur mengatakan sedang dirancang relokasi tempat tinggal bagi warga yang tinggal di lokasi–lokasi rawan. Kemudian melakukan pembangunan kembali fasilitas umum baik infrastruktur jalan, jembatan, dan saluran air yang rusak akibat bencana.

“Seluruh skema penanganan bencana tersebut siap dibahas dan diputuskan pada Rapat Koordinasi yang akan melibatkan seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Bali, Pemerintah Provinsi hingga Pemerintah Pusat,” jelas Gubernur Bali.

Dalam skema penanganan dampak bencana, Gubernur Bali menjelaskan pendanaannya ada yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, maupun APBN melalui Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Related Articles