Beranda Lalu Lintas Ditlantas Polda Metro Siapkan Rekayasa Lalin di Kawasan Istana Negara Jelang HUT ke-77 RI

Ditlantas Polda Metro Siapkan Rekayasa Lalin di Kawasan Istana Negara Jelang HUT ke-77 RI

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Menjelang HUT RI ke-77 yang jatuh pada 17 Agustus 2022 membuat Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan pengaturan rekayasa lalu lintas pada saat upacara kemerdekaan yang akan dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta.

“Kami sampaikan tanggal 17 Agustus 2022 besok khususnya di sekitaran Istana, kita akan menutup beberapa ruas jalan karena memang tempat lingkungan Istana sampai Monas akan ditutup untuk perayaan HUT RI,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman di kawasan Gedung DPR/MPR, Selasa 16 Agustus 2022.

Latif juga menjelaskan akan ada beberapa ruas jalan yang ditutup guna menertibkan prosesi upacara sambut kemerdekaan Republik Indonesia. Ruas jalan yang akan ditutup diantaranya Patung Kuda, Harmoni, dan Gambir. Dia menyampaikan, sterilisasi kawasan Istana akan dimulai pada pukul 21.00 WIB.

“Sekitar jam 21.00 WIB nanti malam sudah kita lakukan sterilisasi. Sehingga lingkungan istana betul-betul steril dari lalu lintas,” ujar dia.

Dalam persiapan pengamanan kawasan Istana Negara, Polda Metro Jaya telah menyiapkan 50 personel lalu lintas untuk membantu mengatur aktivitas masyarakat sepanjang perayaan Ulang Tahun RI ke-77.

“Di sana akan kita lakukan rekayasa lalu lintas. Besok hari libur mudah-mudahan arus tidak terlalu padat ini yang menguntungkan kita. Masyarakat juga akan merayakan Hari Kemerdekaan di tempat masing-masing,” ujar dia.

Tahun ini, Sekretariat Presiden mengatakan bahwa peringatan HUT RI ke-77 mengusung konsep sejarah yang dituangkan dalam dekorasi di sekitar kawasan Istana Negara.

“Konsepnya adalah kita menggali sejarah-sejarah bangsa Indonesia. Adanya kejayaan kita, kejayaan Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram kita gali, kita jadikan satu, termasuk menggali kebudayaan-kebudayaan yang ada zaman dulu,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono saat ditemui di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 14 Agustus 2022.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengukuhkan 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas.

Related Articles