Beranda News Ditlantas Polda Metro Catat Pelanggar Ganjil Genap di Rasuna Said Terus Menurun

Ditlantas Polda Metro Catat Pelanggar Ganjil Genap di Rasuna Said Terus Menurun

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Pelanggaran kebijakan ganjil genap (gage) di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan kurun waktu sepekan ini terus menurun.

Kasie Pelanggaran Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Sriyanto mengatakan ganjil genap di Jalan HR Rasuna Said dimulai pada 26 Agustus. Pada awal penerapan, ada puluhan kendaraan yang diputar balik karena melanggar ganjil genap.

“Jadi dari mulai diterapkan di sini yang ditegur atau diputarbalikkan makin hari makin menurun. Hari pertama itu ada 20 pelanggaran, lalu kemudian menurun 13, dan Kamis pekan lalu itu ada satu aja,” kata Sriyanto di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (6/9/2021).

Menurut Sriyanto, para pelanggar biasanya merupakan pengemudi mobil dari luar Jakarta. Dia menilai warga DKI sudah paham soal titik ganjil genap.

“Jadi biasanya yang melanggar itu entah dia ngakunya lupa atau orang luar DKI. Kalau orang DKI sudah paham semua,” jelasnya.

Dia mengatakan warga yang diminta putar balik tidak pernah melawan. Dia menyebut warga paham soal pembatasan mobilitas dengan ganjil genap.

“Mereka kooperatif. Kita dari jauh udah tunjuk (mobilnya) aja udah merasa dia,” terangnya.

Sriyanto menyebut siang hari menjadi waktu paling banyak pelanggaran terjadi. Menurutnya, hal itu dipicu banyaknya warga yang keluar.

“Pelanggaran di agak siang karena orang-orang jauh dari Jakarta pada banyak keluar. Tapi kalau pagi pengendara yang esensial dan kritikal sudah tahu ya,” ujarnya.

Related Articles