Beranda Kegiatan Ditlantas Polda Babel Gelar Polsanak Edukasi Tertib Lalu Lintas Sejak Dini

Ditlantas Polda Babel Gelar Polsanak Edukasi Tertib Lalu Lintas Sejak Dini

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Sekitar 30 anak-anak dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Falah Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka mengikuti Kegiatan Polisi Sahabat Anak (Polsanak) bersama Direktorat Lalu lintas Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis (10/2/2022).

Kegiatan ini sengaja dilakukan sebagai upaya sosialisasi tentang lalu lintas, bagaimana keselamatan lalu lintas di jalan raya, pengenalan kendaraan patroli kepolisian hingga pengenalan tugas seorang polisi lalu lintas.

Kasubag Renmin Ditlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kompol Dewi Rahmailis Munir mewakili Direktur Lalu Lintas Polda Kepulauan Bangka Belitung menyatakan melalui kegiatan ini dapat memupuk pengetahuan anak-anak yang saat ini duduk di tingkat dasar pendidikan sehingga mengetahui tentang bagaimana kepolisian lalu lintas bertugas hingga mengenal budaya tertib berlalu lintas.

“Jadi Kunjungan anak-anak kita ini kemarin itu bertujuan sebagai pengenalan tugas terutama tugas polisi lalu lintas, tak hanya itu kami juga mengenalkan kendaraan-kendaraan dinas untuk patroli,” ujar Kompol Dewi Rahmailis Munir pada Jumat (11/2/2022) siang.

Melalui polsanak lanjut Dewi, anak-anak dapat secara berkelanjutan mengenal rambu-rambu lalu lintas, kendaraan sehingga mulai tumbuh rasa disiplin berlalu lintas dan membangun budaya tertib dalam berlalu lintas.

“Kita harapkan melalui polsanak ini dapat mengedukasi anak-anak sedari dini dan memberikan pengetahuan tentang kelalulintasan,” imbuhnya.

Dewi menambahkan jika saatnya nanti anak-anak ini tumbuh dewasa dan sudah diperbolehkan mengendarai kendaraan bermotor, maka sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berkendara di jalan raya dan tetap tertib berlalu lintas.

Sementara itu melalui Polisi Sahabat Anak (Polsanak), Dewi menyebutkan sebagai langkah untuk menghilangkan stigma buruk dan ketakutan masyarakat khususnya anak-anak kepada polisi lalu lintas.

Menurut Dewi, Polantas bukanlah suatu momok yang harus ditakuti, namun menjadi penting untuk bersama-sama tertib dalam berlalu lintas di jalan raya.

“Anak-anak kita seharusnya jangan ditakuti dengan polisi, tetapi harus diedukasi sejak dini betapa pentingnya keselamatan dalam berkendara dan disiplin dalam berlalu lintas,” katanya.

Related Articles