Beranda News Cegah Lakalantas, Sat Lantas Polres Ciko Cek Kelaikan Kendaraan Umum di Terminal

Cegah Lakalantas, Sat Lantas Polres Ciko Cek Kelaikan Kendaraan Umum di Terminal

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Sat Lantas Polres Cirebon Kota melakukan pengecekan kendaraan umum di Terminal Harjamukti Cirebon. Hal ini dilakukan guna mencegah dan meminimalisir kecelakaan lalu lintas di wilayah hukumnya.

Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar melalui Kasat Lantas AKP La Ode Habibi Ade Jama mengatakan, pengecekan dan pengujian kendaraan umum khususnya angkutan baik AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) ataupun AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) oleh team gabungan Sat Lantas Polres Cirebon Kota, Kementerian Perhubungan dan Dishub Kota Cirebon serta Dinkes Kota Cirebon.

“Pengecekan dan pengujian diantaranya Pengecekan SIM, STNK, KIR dan pendukung lainnya,” kata Habibi.

Menurut Habibi, pengecekan meliputi pengujian kelaikan kendaraan baik mesin, fasilitas penumpang, alat keamanan dan Interior/Eksterior Kendaraan. Pengecekan kesehatan kepada Pengemudi dan kenek angkutan umum.

“Kami menghimbau penumpang untuk selalu mematuhi Prokes dengan mempedomani 5 M. Kami berikan himbauan tentang tertib berlalu Lintas,” terangnya.

Ia berharap, pengemudi lebih teliti dalam membawa surat-surat kendaraan yang diperlukan. Pengemudi memahami dalam berkendara tidak diperbolehkan dalam keadaan mabuk, mengantuk dan kelelahan.

Sementara itu, Kasi Humas Iptu Ngatidja menambahkan, pengemudi juga harus memahami pentingnya menggunakan masker dan mengikuti protokol kesehatan.

“Ini sebagai upaya Polri untuk memutus penyebaran covid 19. Terciptanya Kamseltibcarlantas yang lebih baik,” pungkas Ngatidja.

Related Articles