Beranda Lalu Lintas Cegah Lakalantas, Polisi Siaga di Tanjakan Gemulung Bantu Ganjal Ban Wisatawan

Cegah Lakalantas, Polisi Siaga di Tanjakan Gemulung Bantu Ganjal Ban Wisatawan

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Libur lebaran yang cukup lama banyak dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan kunjungan wisata di sejumlah obyek favorit di Gunungkidul, Yogyakarta. Alasan inilah yang akhirnya menciptakan kepadatan arus kendaraan yang tak bisa dihindarkan.

Kapolsek Tepus, AKP Jarwanto, mengatakan, ada beberapa jalur arah pantai yang melalui wilayah hukumnya. Salah satunya adalah jalur Bajinglemu.

“Hanya saja kalau melalui jalur ini pengemudi harus ekstra hati-hati. Mengingat ada satu tanjakan yang cukup tinggi, yakni tanjakan Gemulung, Kalurahan Tepus, di mana kalau tidak kuat menanjak mobil akan melorot ke bawah,” kata Jarwanto, Kamis 5 Mei 2022.

Karena kondisinya seperti itu, lanjut Jarwanto, pihaknya berinisiatif untuk membuat tim ganjal ban, yang disiagakan di tanjakan tersebut selama libur lebaran, sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan.

“Setiap hari ada 3 personil yang kami tempatkan di lokasi tanjakan, dibantu sejumlah relawan dan warga setempat,” lanjutnya.

Bermodal sejumlah balok kayu, para petugas ganjal ban ini rela bertaruh nyawa demi menolong kendaraan para pengunjung wisata. Bagaimana tidak, mereka (petugas) beraksi di belakang roda/mobil, manakala kendaraan berhenti atau berjalan mundur.

Para petugas ganjal ban ini bersiaga sejak pagi secara bergantian selama libur lebaran.

“Dari pagi tadi sudah banyak pengendara yang merasa tertolong dengan adanya petugas ganjal ban. Kami memahami mereka (pengendara), karena tidak sedikit wisatawan yang memang tidak hafal medan di jalur ini,” terang Jarwanto.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Griavinto Sakti, mengatakan, arus kendaraan pada hari ke empat libur lebaran ini, lebih ramai dibanding hari-hari sebelumnya.

“Meski kami sudah membuat rekayasa lalu lintas, namun dari pantauan kami di sepanjang jalur wisata, kepadatan kendaraan bahkan sempat membuat kemacetan panjang di sejumlah titik,” kata Martinus.

Related Articles