Beranda Lalu Lintas Puncak Bogor Dipadati 24 Ribu Kendaraan Wisatawan, Prediksi Hari Ini Puncaknya

Puncak Bogor Dipadati 24 Ribu Kendaraan Wisatawan, Prediksi Hari Ini Puncaknya

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Tercatat sebanyak 24 ribu kendaraan masuk ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pada hari Kamis 5 Mei 2022. Jumlah tersebut terhitung menurun dibandingkan hari sebelumnya.

“Volume kendaraan apabila dibandingkan kemarin terjadi penurunan kendaraan. Kemarin berdasarkan catatan kami ada 48 ribu yang masuk Jalur Puncak, dan hari ini 28 ribu kendaraan yang masuk ke wilayah atas,” kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Kamis 5 Mei 2022.

Pihaknya tetap memprediksi puncak kepadatan di kawasan tersebut terjadi pada hari ini, Jumat (6/5/2022) hingga 8 Mei 2022. Karena berkaitan dengan adanya sistem oneway di Tol Jakarta-Cikampek menuju Jabodetabek.

“Prediksi tanggal 6,7 dan 8 akan terjadi peningkatan kendaraan karena Jakarta-Cikampek akan diberlakukan oneway arah Jakarta. Kemungkinan masyarakat yang menuju Bandung atau Cianjur bisa melalui Jalur Puncak atau Jonggol,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan sistem one way untuk mengurai kepadatan di Jalur Puncak pada pagi dan siang hari. Tetapi, telah disiapkan juga jalur alternatif bagi masyarakat yakni melalui Jonggol.

“Kami sudah siapkan jalur altrnatif yang baik itu di sekitaran Puncak maupun dari Cianjur menuju Jakarta atau sebaliknya. Untuk Jakarta menuju Bandung, kami sudah mempersiapkan Jalur Jonggol, Cariu tembus sampai dengan Cianjur dan di sana kami sudah siapkan pospam dan posyan untuk mengamankan yang lewat Jalur Jonggol,” jelasnya.

Di sisi lain, lanjut Iman, pengendara diimbau untuk memastikan kesehatan fisik dan kelayakan kendaraan. Termasuk mematuhi aturan lalu lintas dan arahan petugas di sepanjang Jalur Puncak.

“Ini semata-mata untuk kenyamanan, keselamatan, dan kesehatan kita semuanya,” tandasnya.

Related Articles