Beranda Kegiatan Cegah Lakalantas pada Pelajar, Satlantas Polres Probolinggo Kota Gelar Safety Riding

Cegah Lakalantas pada Pelajar, Satlantas Polres Probolinggo Kota Gelar Safety Riding

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Personel Satlantas Polres Probolinggo Kota memberikan edukasi mengenai keselamatan berkendara atau safety riding kepada pelajar.

Hal tersebut guna menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas dan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang melibatkan pelajar.

Satu-persatu sekolah pun dikunjungi oleh personel Satlantas. Salah satu sekolah yang disambangi yakni SMKN 4 Probolinggo.

Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota, AKP Roni Faslah mengatakan ada tiga instrumen safety riding yang diberikan kepada para siswa dalam. Instrumen itu, keterampilan, pengetahuan dan sikap berkendara.

Setelah diberikan edukasi, para siswa langsung praktik mengendarai motor di lapangan sekolah sembari dipandu polisi. Para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan safety riding ini.

“Tiga instrumen itu penting dan harus dikuasai oleh para siswa,” katanya, Sabtu (17/9/2022).

Roni menambahkan giat edukasi safety riding ini dilaksanakan untuk menciptakan zero accident (kecelakaan nihil). Utamanya, yang melibatkan pelajar.

Sumber kecelakaan sendiri, disebabkan karena pengendara lalai dalam menerapkan aturan berlalu lintas.

“Para pelajar adalah generasi penerus bangsa. Mereka harus kita selamatkan dari peristiwa kecelakaan. Karenanya, kami menggelar edukasi safety riding,” ungkapnya.

Edukasi safety riding diberikan secara berkelanjutan kepada siswa. Bahkan, kurikulum lalu lintas akan diberlakukan di Kota Probolinggo pada 22 September 2022, bertepatan Hari Jadi Lalu Lintas Bhayangkara ke-67.

“Kami sudah ada MoU dengan Dinas Pendidikan setempat. Kurikulum lalu lintas bakal berlaku di sekolah-sekolah di Kota Probolinggo dari jenjang SD-SMP. Kurikulum lalu lintas ini juga berlaku secara nasional,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Kep sekolah Bidang Kesiswaan SMK 4 Probolinggo, Sawal Sugiharso menyebut, pihaknya mendukung kegiatan edukasi safety reading oleh Satlantas.

Dia berharap dengan adanya kegiatan itu, para siswa menaati aturan lalu lintas dengan sebaik-baiknya.

“Bukan hanya karena takut, tapi siswa menaati aturan lalu lintas dengan kesadaran,” pungkasnya.

Related Articles